Kilas Berita:

KPU Fasilitasi Kampanye Cabup

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Calon bupati dalam Pilkada 2015 akan difasilitasi alat peraga kampanye berupa baliho, spanduk, poster, hingga iklan di media massa, baik cetak maupun elektronik. KPU akan memfasilitasi pemasangan alat peraga kampanye sesuai ketentuan, seperti baliho satu buah di satu desa, dan spanduk tiga buah di satu desa. Hal itu sesuai dengan Perppu Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pilkada langsung yang telah ditetapkan.

Isinya, kampanye dalam bentuk debat publik atau debat terbuka antarcalon, penyebaran bahan kampanye kepada umum dan iklan media massa cetak, pemasangan alat peraga dan media massa elektronik difasilitasi KPU yang dibiayai APBN. “Sedangkan dalam ketentuan peralihan disebutkan khusus pendanaan kegiatan pilkada yang dilaksanakan pada 2015 dibebankan pada APBD,” ujar Ketua KPU Kebumen, Paulus Widyantoro, menyebutkan dengan kebijakan itu beban kampanye calon bupati menjadi berkurang, karena difasilitasi penyelenggara sepenuhnya. Paulus menambahkan, anggaran yang disiapkan untuk penyelenggaraan Pemilihan Bupati (Pilbup) Kebumen 2015 ini mencapai Rp 26,1 miliar. Anggaran itu bersumber dari APBD Kebumen Tahun Anggaran 2015 itu, untuk dua putaran. Anggaran tersebut 70 persen terserap untuk honor penyelenggara, mulai dari Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Uji Publik Terkait jadwal pendaftaran bakal calon bupati, akan dibuka mulai 26 Februari hingga 3 Maret 2015 mendatang. Dalam pendaftaran bakal calon, partai politik atau gabungan partai politik dapat mengusulkan lebih dari satu bakal calon untuk mengikuti uji publik.

Uji publik merupakan pengujian kompetensi dan integritas yang dilaksanakan secara terbuka oleh panitia yang bersifat mandiri, dan hasilnya tidak menggugurkan pencalonan.

Materi uji publik, meliputi pemaparan profil, visi misi dan program bakal calon, pendalaman mengenai integritas bakal calon, pendalaman mengenai kompetensi bakal calon, klarifikasi tanggapan dan masukan masyarakat. Hasil uji publik adalah surat keterangan telah mengikuti uji publik yang kemudian menjadi salah satu syarat bagi bakal calon untuk dapat mendaftar sebagai calon.

Selanjutnya, untuk tahapan pendaftaran calon, parpol atau gabungan parpol hanya dapat mengusulkan satu calon. Masa pendaftaran calon sendiri sesuai draf PKPU tersebut, akan dilaksanakan awal Agustus 2015. “Jadwal itu juga berlaku bagi calon perseorangan. Jadwal pendaftaran bakal calon, uji publik dan pendaftaran calon sama dengan dari parpol,” tandasnya. (J19-32/SuaraMerdeka)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!