Kilas Berita:

Kirab Budaya, Warga Berebut Uang dan Gunungan

KARANGANYAR (www.beritakebumen.info) - Ada yang berbeda dalam kirab budaya yang diselenggarakan oleh Padepokan Sehat Medika (SM) Karanganyar Kebumen tahun ini. Kirab budaya yang biasanya berlangsung pada bulan Suro atau Muharam, tahun ini digelar bulan Maulud atau Robiul Awal, tepatnya Jumat (16/1). Hal ini karena selain dalam rangka merayakan ulang tahun padepokan yang melayani penyembuhan itu, kirab tahun ini sekaligus tasyakuran atas pernikahan putra pendiri Padepokan Sehat Medika R Suman Sri Husodo dan istri R Ngt Retno Pujiastuti yakni R Untung Surono dengan Cylvia Imania Triputri asal Purwokerto, Banyumas.

Kirab berawal dari Desa Candi yang ditandai dengan pemecahan kendi oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kebumen Hery Setyanto. Sebelum dikirab, tumpeng jola-joli, serta gunungan yang terdiri atas buah-buahan seperti nanas, jeruk, apel, salak, pisang, dan sayuran seperti terong, kacang panjang, wortel, serta hasil bumi lainnya seperti jagung dan ketimun dilepas dari Padepokan Sehat Medika I di Desa Giripurno.

Kirab budaya melibatkan ratusan orang yang terdiri atas pasukan berkuda, bergodo paksi katon dan drum band. Sebanyak empat kereta kuda dinaiki R Suman Sri Husada bersama istri, kedua mempelai, pihak besan. Seperti tradisi tahun-tahun sebelumnya, R Suman Sri Husada beserta istri menebar uang logam jutaan rupiah di sepanjang perjalanan. Tak ayal, uang tersebut menjadi rebutan masyakat baik anak-anak hingga orang dewasa yang menyaksikan kirab tersebut.

Adapun kirab menempuh jarak sekitar lima kilometer, mengambil rute Desa Candi, Kelurahan Karanganyar, memutar Alun-alun Karanganyar, masuk Jalan Revolusi depan Pasar Karanganyar dan berakhir di Padepokan Sehat Medika II di Kelurahan Jatiluhur. Sesampai depan pasar, gunungan dan tumpeng jola joli menjadi ajang rebutan masyarakat.

Pawai yang berlangsung mulai pukul 09.00-11.00 WIB tersebut sempat mengakibatkan kemacetan di jalur selatan, namun setelah pawai melintas jalan raya kembali lancar. “Kegiatan ini sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa sekaligus menjaga tradisi dan melestarikan budaya Jawa,” ujar R Suman Sri Husada.
(Supriyanto/CN38/SuaraMerdeka)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!