Kilas Berita:

Keindahan Pantai Menganti yang 'Tersembunyi', Jalan Curam Jadi Kendala

AYAH(www.beritakebumen.info) - Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) 'Sengkuyung Makmur' Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, membangun semacam homestay di Pantai Karangbata, pantai dengan tebing karang yang keindahannya tidak bisa dinikmati di tempat lain.

Pantai Karangbata masih dalam kawasan Pantai Menganti di desa setempat. Tempat penginapan itu dibangun untuk memanjakan pengunjung. Selain menikmati indahnya sunrise dan sunset, dari homestay yang berada di bukit, juga terlihat jelas aktivitas nelayan menebar dan mengggulung jaring dari atas perahu di tengah laut.

Atau menyaksikan keberanian warga memasang perangkap udang mengkara (bintur) dengan berenang di antara celah-celah lancipnya batukarang, serta kegiatan unik warga mencari rumput laut yang tumbuh di karang.

"Pembangunan homestay menelan dana sekitar Rp 750 juta," terang Ketua LMDH 'Sengkuyung Makmur', Kasimin Sutarjo, bersama Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) yang mendampingi masyarakat desa hutan di Kecamatan Ayah, Sukamsi.

Warga juga swadaya membuat akses jalan untuk menyisir kawasan Pantai Menganti yang berpasir putih. Bahkan mobil sudah bisa mencapai Pantai Karangbata yang lokasinya sebelah timur Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Menganti.

Hanya saja, jalan menuju Pantai Menganti masih sangat cura, masih menjadi kendala. Menurut Sukamsi, pemerintah daerah seharusnya proaktif koordinasi dengan Perhutani untuk membuat jalan yang lebih nyaman.

"Jalan yang curam tidak saja menjadi kendala pengembangan wisata Pantai Menganti, namun juga sudah lama dikeluhkan nelayan karena menyulitkan pemasaran. Angka kecelakaan juga sangat tinggi," ujar Sukamsi yang memiliki alternatif jalan yang lebih nyaman untuk menuju Pantai Menganti. (Suk/krjogja)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!