Kilas Berita:

Kebumen Tak Miliki Lahan Pertanian Organik Terpadu Lagi

PREMBUN (www.beritakebumen.info) - Satu-satunya lahan pertanian organik terpadu seluas 3,8 hektar milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen di Desa/Kecamatan Prembun Kebumen sejak awal 2014 lalu telah beralih fungsi menjadi bangunan permanen berikut areal parkir dan pertamanan bagi calon Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe C Prembun.

Namun pengalihan fungsi tersebut tak disertai kebijakan untuk membuat lahan pertanian tanaman organik penggantinya. Dengan demikian, Pemkab Kebumen kini sudah tak memiliki sebuah lahan yang digunakan untuk uji coba dan usaha pertanian organik.

"Kami di Bagian Tata Pemerintahan sampai saat ini memang tak diberi tugas untuk mencarikan lahan pengganti bagi lahan pertanian tersebut. Kami hanya ditugasi untuk memeriksa keabsahan sertifikat tanah tersebut yang semula milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kemudian dilimpahkan kepada Pemkab Kebumen saat awal era otonomi daerah tahun 2000 lalu," ujar Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen, Drs Asep Nurdiana MSi, di ruang kerjanya, Jum'at (09/12/2015).

Menurut Asep, alih fungsi lahan tersebut dilakukan Pemkab Kebumen semata-mata untuk memberikan fasilitas pelayanan publik bidang kesehatan bagi masyarakat Prembun dan sekitarnya.

Terpisah, mantan pengelola lahan pertanian organik terpadu milik Pemkab Kebumen, Ir H Djoenedi Faturachman MS, menyayangkan tak adanya lahan pengganti untuk lahan pertanian organik mengingat besarnya manfaat yang bisa dipetik dari kegiatan pertaniannya.

Diantaranya, pembuatan kelompok kerja beranggotakan sejumlah kelompok tani Kebumen yang diberi nama Pusat Informasi Kegiatan dan Klinik Agribisnis (PIKAT) tahun 2010 lalu. Sejak didirikan, PIKAT telah melakukan uji coba dan usaha pembenihan padi dan tanaman hortikultura organik. Sebagian benih organikyang dihasilkan sejak tahun 2011 dipasarkan ke berbagai daerahdi Indonesia. (Dwi/krjogja)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!