Kilas Berita:

Kartu Raskin Jadi Kendali Agar Tidak Salah Sasaran

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Penyaluran beras untuk masyarakat miskin (raskin) di Kabupaten Kebumen rencananya akan mulai disalurkan pada 26 Januari mendatang.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Kebumen, Wahyu Siswanti menyatakan, penyaluran raskin tersebut akan dikendalikan dengan kartu raskin. Dimana pada kartu tersebut sudah tertera nama dan alamat penerimanya. Ini dimaksudkan agar penerimanya tidak salah sasaran.

Ia menjelaskan, pendistribusian raskin dilakukan setelah rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTS-PM) menerima kartu raskin. “Dijadwalkan, raskin untuk bulan Januari didistribusikan mulai tanggal 26 (Januari),” kata Wahyu.

Wahyu menjelaskan, pagu raskin 2015 tidak mengalami perubahan dari pagu raskin 2013 maupun 2014, yaitu 107.486 RTS-PM. Menurutnya, rumah tangga sasaran penerima manfaat yang berhak mendapatkan raskin adalah rumah tangga yang terdaftar dalam daftar nama dan alamat untuk program raskin 2015. Adapun kepesertaan RTS-PM yang berhak mendapatkan raskin ditandai dengan kepemilikan Kartu raskin yang diterbitkan oleh Pemkab Kebumen.

“Pagu RTS-PM raskin tahun 2015 tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya. Tetapi jika dilihat perkecamatan, ada kecamatan yang jumlah RTS-nya turun. Sebaliknya di kecamatan lain justru naik. Ada pula yang tetap,” terangnya.

Pemutakhiran Daftar Penerima Manfaat (DPM) dari program raskin dilakukan melalui musyawarah desa/kelurahan. Pemutakhiran dilakukan antara lain karena kepala rumah tangganya meninggal, maka dapat diberikan kepada pasangannya atau anggota rumah tangganya. Adapun RTS tunggal yang meninggal dunia, atau RTS yang pindah alamat ke luar desa, serta RTS yang sudah tidak layak sebagai penerima manfaat diganti oleh rumah tangga miskin yang dinilai layak menggantikannya.

Adapun rumah tangga miskin yang dinilai layak menggantikan, diprioritaskan yang memiliki anggota rumah tangga lebih besar, yang terdiri dari balita dan anak usia sekolah. Serta rumah tangga miskin yang kepala rumah tangganya perempuan. “Selain itu juga RTM yang kondisi rumah kurang layak huni dan yang berpendapatan paling rendah atau tidak tetap,” imbuhnya. (ori/sus/radarbanyumas)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!