Kilas Berita:

Haflah di Ponpes Al-Kahfi Somalangu, Ribuan Anggota Tareqah Sadziliyah Mulai Berdatangan

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Daya tarik Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu, Desa Sumberadi, Kecamatan/Kabupaten Kebumen masih melekat, sejak berdiri 450 tahun silam hingga kini. Ribuan jamaah dari luar Jawa, seperti Sumatera, Jambi, Kalimantan, dan Sulawesi mulai berdatangan. Sebagian dari mereka yang menyiapkan untuk menginap di Pondok Pesantren yang diasuh oleh KH Afifuddin bin Chanif Al Hasani itu, juga berasal dari para alumni dan orang tua santri. Pihak panitia penyelenggara pun telah menyiapkan tempat untuk menyambut para jamaah dan tamu undangan.

Tenda besar yang menutup halaman Pondok Pesantren Al Kahfi Somalangu bahkan telah berdiri kokoh, lengkap dengan panggung utama yang dihiasi berbagai kaligrafi dan aksesori. “Ini acara yang dilaksanakan rutin setiap tahun,” kata Ketua Panitia Haflah Maulidir Rasul dan Khatmil Quran Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu Kebumen, A Slamet Riyadi, Selasa (13/1). Rangkaian acaranya, lanjut Slamet Riyadi, diawali dengan ziarah ke Maqbaroh Lemah Lanang (Ardhir Rijal). Tempat tersebut merupakan makam pendiri Pondok Pesantren Al- Kahfi Somalangu Sayid Muhammad Ngisom Al Hasani atau Sayid Abdul Kahfi Awal. Ziarah di Lemah Lanang terdapat tiga makam. Selain Sayid Abdul Kahfi Awal juga ada makam Syeh Abdul Kahfi Sani dan Syeh Khanifudin, ayah dari Kiai Afifudin. Ziarah ke Lemah Lanang mulai pukul 07.00 hingga pukul 10.00. Semaan Alquran Dilanjutkan dengan Semaan Alquran Karim yang diisi oleh KH Muaddib Mahfudz, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Azhar Purwodadi, Purworejo. Puncak pada Kamis (15/1) siang berupa pembacaan maulud yang disampaikan Al Ustadz Afifuddin bin Chanif Al Hasani, Pengasuh Pondok Pesantren Al- Kahfi Somalangu, Kebumen.

Hari sebelumnya, Rabu (14/1), pengajian Muslimat yang disampaikan oleh Afivatul Rahmania dari Kaliori, Kalibagor, Banyumas dan dilanjutkan Pawai Taaruf mulai pukul 13.00 hingga 17.00. Pada malamnya Khotmil Quran yang mengundang Bupati Buyar Winarso. Dalam kesempatan itu juga diisi Maulid Simthud Duror dan pengajian yang disampaikan Kiai H Tengku Zulkarnaen. Slamet Riyadi menambahkan, acara tersebut sebagai syiar islam dan menunjukkan eksistensi Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu. Pondok pesantren yang berdiri pada 4 Januari 1475 Masehi atau 25 Syaban 879 Hijriyah itu pun menggelar acara rutin setiap tahunnya. Acaranya diisi pentas seni dari berbagai kecamatan, seperti dolalak, kuda lumping, dayakan, drumband, dan rebana. “Pondok ini (Al-Kahfi Somalangu) tidak lepas dari perjalanan sejarah Tanah Air dan Kebumen,” imbuh Slamet Riyadi sembari menambahkan, Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu Kebumen sebagai pusat peradaban di Indonesia. (K5-78/suaramerdeka)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!