Kilas Berita:

Dukun Adiasto Peragakan 22 Adegan , Kematian Pasien Direkonstruksi

KARANGGAYAM (www.beritakebumen.info) - Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Kebumen menggelar rekonstruksi atas perkara kematian tidak wajar yang dialami Haryanto bin Samadikun (24) warga RT01 RW 01 Desa Jatisari, Kecamatan Kebumen, Jumat (23/1).

Imam Adiasto (40) seorang dukun asal Dusun Trabatan, Desa Ginandong, Kecamatan Karanggayam yang menjadi tersangka dalam kasus itu menjalani reka ulang peristiwa yang terjadi pada Senin (5/1) silam.

Dalam rekonstruksi itu, tersangka Imam Adiasto dibantu saksi yang tak lain asisten tersangka, Defin Anjar Pamuji (18), memeragakan sebanyak 22 adegan. Rekonstruksi dipimpin Kasat Reskrim AKP Willy Budiyanto berlangsung mulai pukul 10.00- 11.00. Secara umum, reka ulang yang digelar di rumah tersangka dan sungai itu berlangsung lancar. Adegan dimulai dari ketika tersangka membuka pintu kamar tempat korban sehari-hari ditempatkan yang lebih mirip sel tahanan. Kemudian korban dan seorang pasien lain bernama Sugino melakukan bersih-bersih. Baru setelah itu, tersangka membawa korban ke sungai yang berada sekitar 200 meter dari rumahnya.

Sesampai di sungai, korban dimandikan dan membersihkan tubuhnya menggunakan sabun. Setelah itu, tersangka melakukan terapi yang ekstrem, yakni membenamkan kepala korban ke dalam air selama 2-3 menit di sungai yang memiliki kedalaman 70- 80 cm. Praktik itu dilakukan selama sekitar 20 menit. Karena kondisi korban lemas, korban kemudian digendong saksi Defin Anjar Pamuji. Sesampai di rumah korban dibaringkan, agar bisa bernafas kembali dengan lega. Setelah itu korban dimasukkan ke dalam sel, dan saat meninggalkannya korban dalam posisi tertidur terlentang. Adegan terakhir, tersangka memeragakan saat mengecek kembali korban di dalam kamar sel. Ternyata setelah memegang urat nadi di leher korban, diketahui korban telah meninggal dunia. Selama rekonstruksi pemeran korban digantikan warga setempat. Sedangkan saat adegan berbahaya, seperti saat dibenamkan ke dalam air, korban digantikan dengan manekin. Dalam rekonstruksi itu sempat diwarnai isak tangis istri tersangka.

Seorang anak tersangka yang pulang sekolah tampak menangis melihat bapaknya dibawa aparat kepolisian. Lengkapi Berkas Kapolres Kebumen AKBP Faizal melalui Kasat Reskrim AKP Willy Budiyanto menilai tersangka cukup kooperatif dalam melaksanakan reka ulang setiap adegan. Sedangkan rekonstruksi itu digelar untuk melengkapi berkas perkara sebelum dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Kebumen.

“Tersangka dijerat dengan pasal 359 KUH Pidana tentang kelalaian yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia. Tersangka diancaman pidana paling lama lima tahun penjara,” ujar AKP Willy Budiyanto didampingi Kasubag Humas AKP Wasidi. Diberitakan sebelumnya, penyidik Satreskrim Polres Kebumen menetapkan Imam Adiasto sebagai tersangka atas kematian Haryanto bin Samadikun (24) warga Desa Jatisari.

Imam ditahan Selasa (6/1) setelah ada laporan masyarakat terkait salah satu pasien dukun tersebut yang meninggal dengan kondisi tidak wajar. Saat diserahkan kepada keluarga, jenazah sudah dimandikan dan terbungkus kain kafan. Bahkan sang dukun sempat memperingatkan keluarga agar tidak membuka kain kafan. Namun karena curiga ada yang janggal, pihak keluarga tetap membuka kain kafan. Benar, pada tubuh korban terdapat tanda-tanda kekerasan. Antara lain lebam biru diperut sebelah kiri bawah, dada lebam serta hidung mengeluarkan darah. Kemudian tangan kanan luka dan jempol kaki luka. Selanjutnya keluarga korban melaporkan kejadian itu kepada kepolisian. (J19-32/SuaraMerdeka)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!