Kilas Berita:

Dikeluhkan, Raskin Apek dan Berkutu; Bulog Siap Mengganti

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Kualitas beras untuk masyarakat miskin (raskin) yang disalurkan bagi warga Kelurahan Kebumen dikeluhkan karena dinilai tidak layak konsumsi. Pasalnya, beras yang dipasok oleh Gudang Bulog Selang Kebumen itu kondisinya sudah apek, berwarna kuning bahkan sebagian sudah muncul kutu. “Memang berasnya sudah apek, berwarna kuning, dan banyak kutunya,” ujar Tohari (52) warga Kelurahan Kebumen, Selasa (13/1).

Kondisi tersebut dibenarkan oleh Maryanto, pembantu penyaluran raskin Kelurahan Kebumen. Dia menunjukkan sisa 99 sak beras yang belum disalurkan, setelah dicek kondisinya cukup memprihatinkan. Sejumlah sak yang diperiksa kondisinya sudah kekuningkuningan dan berbau apek serta muncul kutu. “Memang masyarakat yang mengambil memilih-milih, mencari beras yang kondisinya masih masih layak dikonsumsi,” ujar Maryanto.

Menurut Kepala Seksi Pelayanan Umum dan Kesejahteraan Sosial Kelurahan Kebumen, Bibit Agus Nugroho, alokasi cadangan beras pemerintah pengganti Raskin ke-13 tahun 2014 untuk Kelurahan Kebumen sebanyak 179 kantong. Sampai saat ini, masih 99 kantong yang belum didistribusikan kepada masyarakat. “Setiap kantong berisi 15 kg yang ditebus masyarakat Rp 1.600/kg,” ujar Bibit Agus Nugroho menyebutkan belum ada masyarakat yang sampai mengembalikan beras yang sudah diambil.

Siap Mengganti Kepala Gudang Bulog Selang, Kebumen Suamal menegaskan, jika ada beras operasi pasar khusus (OPK) sebagai pengganti distribusi raskin ke-13 yang tidak layak konsumsi, pihaknya siap mengganti dengan beras yang ada di gudang Bulog. Dia menyebutkan, beras yang kondisinya sudah apek atau berkutu bisa disababkan oleh kondisi alam atau penyimpanan.

Meskipun mengakui ada, tapi jumlahnya tidak signifikan. “Beras OPK ini merupakan verietas IR 64 lokal hasil pengadaan Juni 2014. Selama penyimpanan kami rutin melakukan peratawan seperti penyemprotan,” ujar Suamal. Dia menambahkan, raskin untuk 107.486 rumah tangga sasaran (RTS) di Kebumen dipasok oleh Gudang Bulog Selang sebanyak 19 kecamatan dan tujuh kecamatan dipasok oleh Gudang Bulog Butuh. Untuk alokasi Gudang Bulog Selang tinggal dua kecamatan yang belum didistribusikan yakni kecamatan Rowokele dan Karanggayam. “Untuk penyaluran tahun 2015, kami masih akan koordinasi dengan Pemkab Kebumen,” ujarnya. (J19-78/SuaraMerdeka)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!