Kilas Berita:

Desa Bingung, Pemkab Diminta Cepat Merespons

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Terbitnya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa dan Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa menimbulkan kebingungan desadesa di kabupaten berslogan beriman ini. Pasalnya, peraturan Bupati tentang Penghasilan Tetap Kepala Desa dan Perangkat Desa sebagai tindak lanjut dari peraturan tersebut sampai saat ini belum final.

Selain itu muncul persoalan baru lagi terkait kedua Permendagri karena belakangan muncul Surat Edaran dari Menteri Desa , Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang memerintahkan Gubernur, Bupati/ Wali Kota dan Kepala Desa di seluruh Indonesia untuk menyiapkan pelaksanaan UU Desa yang hanya berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014. Tarik Ulur Praktis, selama kurun waktu yang belum ada kepastian hukum lantaran ada tarik ulur antara Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa PDT tersebut, Pemkab Kebumen dituntut segera merespons cepat agar kebijakan yang diterapkan kepada desa tidak menambah kebingungan dan ketidakpastian. “Respons cepat dimaksud adalah pertama tentang proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa ( RKP Desa ) Tahun 2015 dan kedua, tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa ( APB Desa ) Tahun 2015,” kata Presidium Forum Masyarakat Sipil (Formasi) Kabupaten Kebumen, Yusuf Murtiono, Jumat (30/1).

Lebih lanjut, Pemkab diminta secepat mungkin memberikan solusi agar ada kepastian hukum, apakah dengan cara membuat surat edaran terkait penyusunan RKP Desa dan APB Desa tahun 2015 harus menunggu peraturan bupati. Dan surat edaran Bupati yang dibuat juga diminta memperhatikan kondisi peraturan perundangan dari atas yang belum melindungi desa secara utuh. (K5- 78/SuaraMerdeka)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!