Kilas Berita:

Bengkel Motor Custom yang Mendunia

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - JIKA menaiki sepeda motor pabrikan terlalu biasa. Membangun sepeda motornya sendiri adalah pilihan bagi sebagian orang. Di Kebumen terdapat sebuah workshop yang mampu membangun sepeda motor custom dengan spesialisasi motor gede jenis chopper. Tak hanya diakui di dalam negeri, kualitasnya kini makin mendunia. Adalah Brodonolo Custom Garage, awalnya memproduksi beragam bentuk dan jenis tangki custom bagi yang hobi permak motor dengan tampilan klasik model custom. Sejak 2010, workshop milik Andi ”Kendil” Septianto (25) mulai menerima pesanan membangun motor gede yang desainnya disesuaikan dengan selera pemesan. Rata-rata sepeda motor yang dibangun, yakni motor gede berkapasitas 500 hingga 1000 cc. Motor custom menggunakan mesin berbagai merek, seperti Yamaha XS 650, Harley Davidson, hingga Norton. Selain mesin yang diimpor, sejumlah spare part seperti tangki, slebor, frame merupakan handmade bengkel yang berada di Jalan Tentara Pelajar 29 Kebumen.

Tetapi sebagian seperti shockbreaker, stang merupakan buatan pabrik yang sudah dimodifikasi. ”Jadi desain sepeda motor disesuaikan permintaan pemesan, sehingga sangat eksklusif, karena lebih dari 70 persen merupakan bahan lokal,” ujar Andi kepada Suara Merdeka di workhsop-nya, baru-baru ini.

Tentu untuk membangun sepeda motor custom, dibutuhkan dana tidak sedikit. Tanpa mesin, biaya membangun satu unit sepeda motor bisa mencapai Rp 45 juta sampai Rp 60 juta. Sedangkan jika ditambah mesin impor total biaya mencapai Rp 95 juta. ”Untuk menggarap satu sepeda motor diperlukan waktu sekitar 2- 3 bulan,” ujar Andi yang dibantu sembilan tenaga kerja. Digemari Artis Meskipun berbiaya tinggi, sepeda motor custom cukup digemari di kalangan menengah atas. Sejumlah artis dan pengusaha menaiki sepeda motor hasil karyanya.

Salah satunya Cella, gitaris grup Band Kotak yang sudah memesan sepeda motor dari Brodonolo Custom Garage. Selain dari dalam negeri, banyak pesanan datang dari konsumen mancanegara. Membuat sepeda motor, bagi Andi yang merupakan lulusan Teknik Mesin di Institut Sains dan Teknologi (IST) AKPRIND Yogyakarta itu berawal dari hobinya memodiifikasi sepeda motor. Kali pertama, tahun 2007 saat masih kuliah dia memodifikasi sepeda motor CB 200. Setelah berhasil, akhirnya banyak yang memesan untuk dibuatkan. ”Untuk saat ini kami masih fokus membangun motor gede jenis chopper,” katanya.

Dia menerangkan, chopper merupakan jenis sepeda motor yang dimodifikasi, baik dari desain sepeda motor asli atau dibangun dari awal untuk memiliki penampilan otentik. Fitur utama dari chopper yang membuatnya menonjol, yakni desain frame panjang disertai dengan ujung depan yang meregang. Aspek lain yang unik dari desain chopper, biasanya tidak ada suspensi belakang. ”Memang untuk pasar lokal Kebumen justru belum terbentuk, dan komunitas motor chopper belum ada,” tandasnya. (Supriyanto- 32/SuaraMerdeka)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!