Kilas Berita:

Banyak Parpol Belum Siap

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Masa pendaftaran bakal calon bupati direncanakan bakal dimulai 26 Februari mendatang. Namun, hingga kini masih banyak partai politik belum menyiapkan calon yang akan diusung. Padahal waktu pendaftaran sudah semakin mepet.

Baru PDI Perjuangan yang sudah melakukan pendaftaran bakal calon bupati. Sayangnya, partai moncong putih ini juga tidak dapat mengusung calon bupati sendiri pad Pilbup 2015 ini. Ini terjadi karena persyaratan untuk mengusung calon bupati partai politik atau gabungan partai politik minimal memilik jumlah kursi 20 persen di DPRD Kebumen, atau minimal 10 kursi DPRD. Namun, PDI Perjuangan sebagai pemenang Pemilu Legislatif saat ini hanya memiliki sembilan kursi.

Partai berlambang banteng dengan moncong putih dalam llingkaran itu harus berkoalisi dengan partai politik lain agar bisa mengusung calon bupati sendiri. Hingga saat ini nampaknya, belum ada tanda-tanda partai lain yang merapat ke PDI Perjuangan. Begitu juga kubu lain yang bakal menjalin koalisi.

“Saya lihat parpol masih banyak yang belum siap. Padahal akhir Januari ini sudah mulai memasuki pengumuman dan tahapan sosialisasi pencalonan,” kata Ketua KPU Kebumen, Paulus Widyantoro, di ruang kerjanya, Kamis (22/1).

Paulus menjelaskan, berdasarkan draf tahapan Pemilihan Bupati , 31 Januari sosialiasi pencalonan. Selanjutnya, pendaftaran bakal calon bupati dimulai 26 Februari hingga 3 Maret. Dilanjutkan kemudian tahapan uji publik bagi bakal calon bupati yang diusung partai politik atau gabungan partai politik maupun bakal calon perseorangan.

Uji publik ini dilaksanakan sekitar Maret-April. Setelah itu tahapan pengumuman pendaftaran calon bupati dilakukan pada 30 Juli. Sedangkan pendaftaran calon bupati mulai 4 Agustus hingga 10 Agustus 2015 mendatang.

“Peserta uji publik diajukan oleh partai politik atau gabung partai politik pengusung bakal calon,” terang Paulus Widyantoro, didampingi anggota KPU Kebumen Khusnul Khotimah.

Bagi calon perseorangan, kata Paulus, syarat mengikuti uji publik menyerahkan minimal lima persen dari syarat minimal dukungan masyarakat, yang dibuktikan dengan fotokopi KTP. Adapun syarat minimal calon perseorangan mencapai tiga persen didukung oleh masyarakat Kabupaten Kebumen.

“Namun, kami masih menunggu keputusan dari KPU pusat. Karena Perppu Pilkada yang sudah disahkan menjadi UU itu masih dalam pembahasan di DPR RI. Termasuk persoalan uji publik yang kami masukan dalam DIM (Daftar Inventaris Masalah),” tandasnya.(ori/radarbanyumas)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!