Kilas Berita:

Siswa Muhammadiyah Belajar di Klenteng

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kong Hwie Kiong Kebumen kembali menerima kunjungan dari sekolah Islam. Kali ini, sebanyak 250 siswa SMP Muhammadiyah 2 Kebumen berkunjung ke tempat ibadah tiga agama yang dianut oleh keturunan warga Tionghoa, Minggu (9/11).

Selain untuk menjaga kerukunan umat beragama di Kabupaten Kebumen, kedatangan pelajar kelas 7, 8, dan 9 itu juga untuk mengasah kemampuan mereka dalam berbahasa Mandarin. Sebab, di sekolah yang berada dibawah naungan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kebumen itu ternyata terdapat mata pelajaran Bahasa Mandarin.

Didampingi oleh lima guru, rombongan diterima langsung oleh Ketua Yayasan TITD Kong Hwie Kiong Sugeng Budiawan, dan pengurus Klenteng yang berada di Jalan Pramuka Kebumen itu. Seperti Hendro Purwoko, Lin Tjen Lay, Lun Pao, dan pengurus lainnya.

Sejumlah siswa tak canggung menanyakan keberadaan klenteng, mulai dari sejarah hingga proses peribadatan, dengan menggunakan Bahasa Mandarin. Pengurus klenteng pun dengan sabar melayani pertanyaan-pertanyaan itu dengan bahasa nenek moyang mereka.

Salah satu guru pendamping, Siti Rahayuningsih, mengatakan, kedatangannya ke klenteng adalah untuk mengenalkan budaya Tionghoa kepada anak didiknya. Terlebih, budaya Tionghoa adalah salah satu budaya tertua. “Ini adalah bagian dari belajar outdoor, selain juga berkaitan dengan tiga mata pelajaran, Bahasa Mandarin, Bahasa Indonesia dan PPKn,” tutur Siti Rahayuningsih, disela-sela mendampingi siswanya di Klenteng Kong Hwie Kiong, kemarin.

Dia berharap, dengan kunjungannya itu dapat mempererat tari silaturahmi antara Ponpes Al Falah dengan Klenteng Kong Hwie Kiong, sehingga kerukunan umat beragama di Kabupaten Kebumen benar-benar terjaga.

“Kita wajib menghormati perbedaan. Memberikan pengertian kerukunan umat beragama sangat penting. Dengan ini semua akan tercipta budaya saling menghormati, tidak ada diskriminasi dan menghancurkan kerukunan,” ujar kiai muda itu.

Ketua Yayasan Hwie Kiong, Sugeng Budiawan, mengaku surprise mendapat kunjungan dari ratusan pelajar muslim. Dia mengungkapkan, kunjungan itu merupakan yang pertama kalinya dilakukan SMP Muhammadiyah 2 Kebumen . “Kami sangat senang dengan kunjungan ini, sehingga terbuka komunikasi. Kami juga sangat terbuka bagi pihak manapun yang ingin berkunjung,” tutur pemilik Muncul Group ini. (ori/bdg/radarbanyumas)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!