Kilas Berita:

Ingin Hijaukan Pesisir, Sanpala Mawi Tanam Kopi

Santri Pecinta Alam MAWI berpose dengan pohon kopinya. (Foto: Yogi P)
PETAANAHAN(www.beritakebumen.info) - Sekelompok pelajar Madrasah Aliyah Watoniyah Islamiyah Petanahan (MAWI) yang tergabung dalam Santri Pecinta Alam (Sanpala) melaksanakan workshop sekaligus menanam pohon kopi di wilayah pesisir selatan Kebumen, Jumat (31/10) lalu.

“Banyak cita-cita yang ingin dicapai oleh Sanpala salah satunya Sanpala ingin melakukan penghijauan di pesisir pantai selatan. Tetapi kita bingung mau bilang dan minta bantuan kemana?”, ungkap Dian salah satu pengurus Sanpala.

Bak pucuk di cinta ulam pun tiba, mereka bertemu dengan salah seorang penggiat kopi asli Kebumen Yuri Dulloh saat mengunjungi pameran buku dan produk UMKM Kebumen di Perpusda Kebumen belum lama ini. Pertemuan mereka pun berlanjut pada kegiatan workshop dan reboisasi.

Yuri memperkenalkan kopi Kebumen kepada para Sanpala dengan cara memegang, mencium aroma dan mengamati biji kopi. Juga penjelasan mengenai tanaman kopi, mulai dari cara penanaman, manfaat, hingga pengolahan biji kopi. Pada kesempatan itu, sanpala mendapat kesempatan untuk melihat langsung pembuatan kopi kemudian mencoba menikmatinya.

Usai workshop dan icip-icip kopi khas Kebumen, Sanpala melakukan penanaman pohon kopi di lahan kosong belakang sekolah. Selain sebagai reboisasi, kopi juga bernilai ekonomi.

“SANPALA mempunyai kegiatan social terhadap alam seperti naik gunung, bersih-bersih pantai, penanaman pohon,dan masih banyak lagi. Untuk kegiatan Sanpala dilaksanakan 2 minggu sekali dengan dibimbing oleh pihak sekolah”, tutur salah satu anggota Sanpala.

Sementara itu, Yuri Dulloh giat memperkenalkan kopi Khas Kebumen kepada masyarakat luas. Sejumlah pelosok wilayah Kebumen ia datangi dalam rangka mensosialisasikan kopi Kebumen dan mengajak para petani di wilayah pegunungan untuk turut menanam kopi.

Pria ini juga getol mempromosikan produk kopi khas Kebumen melalui Yuam Roasted Coffe, bahkan kabarnya, produk kopinya ini sedang dalam upaya go internasional.

"Ya mohon doanya aja,bro. Kebumen itu kaya bro, jangan sampai disia-siakan apalagi diambil orang (luar daerah/luar negeri, -red) " ujarnya penuh semangat kepada BK. (BK01/Yogi P)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!