Kilas Berita:

Dilarang, Penambangan Pasir Bermodus Normalisasi

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Sungai merupakan kawasan milik negara yang penanganannya harus sesuai aturan atau hukum negara. Dalam hal ini negara diwakili oleh lembaga pemerintah terkait. Di Kebumen, lembaga pemerintah terkait adalah Dinas Sumber Daya Air Energi dan Sumber Daya Mineral (SDAESDM) Kebumen.

"Jadi bila ada warga masyarakat yang menambang pasir secara ilegal di sungai dengan dalih untuk menormalisasi sungai jelas tak bisa dibenarkan karena mereka tak berwenang melakukannya," ujar Wakil Ketua Forum Daerah Aliran Sungai (FDAS) Kebumen,Ir Bambang Sunaryo, di ruang kerjanya, Selasa (30/09/2014), menanggapi munculnya fenomena penambangan pasir ilegal Sungai Luk Ulo oleh warga masyarakat yang bermodus operandi sebagai tindakan menormalisasi sungai.

Menurut Sunaryo normalisasi sungai bukanlah hanya berupa pembuatan garis batas sungai baru dengan cara menggali pasir di bagian yang sudah diberi tanda patok. Normalisasi sungai merupakan langkah komprehensip atau menyeluruh dari berbagai
aspek yang bisa dipertanggungjawabkan secara hukum, lingkungan, konstruksi dan aspek lain yang ada aturan resminya. Contoh normalisasi sungai yang benar bisa dilihat di sejumlah sungai di Kecamatan Sempor, Gombong, Adimulyo, Kuwarasan, Puring dan Karanganyar Kabupaten Kebumen.

"Penambangan pasir ilegal oleh masyarakat berdalih pembuatan alur sungai baru dan demi menormalisasi sungai di sebuah desa Kecamatan Pejagoan itu menurut kami belum memenuhi kaidah normalisasi sungai yang benar. Di situ hanya ada penambangan pasir dengan mesin sedot dan tak ada tindakan lain agar kriteria normalisasi sungai
yang benar bisa terpenuhi," papar Sunaryo. (Dwi)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!