Kilas Berita:

19 Pelaku Usaha Kecil Dibantu Dana Bergulir

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Sebagai upaya untuk membantu Pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kebumen memberikan bantuan atau mentasyarufkan dana bergulir ekonomi produktif terhadap 19 pelaku usaha kecil di Kebumen. Pemberian bantuan kepada para pelaku usaha kecil dilaukan langsung oleh ketua Baznas Kabupaten Kebumen, Drh H Djamiko disekretariat Baznas komplek masjid Agung Kebumen, Senin (13/10).

“Dari 19 pelaku usaha kecil yang dibantu dana bergulir sendiri tersebar dari enam Kecamatan, yakni Kecamatan Karanggayam, Alian, Adimulyo, Petanahan, Karangsambung dan Kebumen,”tutur Djatmiko.

Dijelaskanya, jumlah besaran dana yang diberikan kepada pelaku usaha kecil penerima bantuan dana bergulir berbeda-beda. Bagi mereka yang baru pertama kali menerima bantuan dana bergulir, maka akan menerima sebesar Rp 500 ribu . Sedangkan 10 orang penerima lainya yang sudah dua kali atau lebih menerima bantuan dana bergulir, maka besaranya ditingkatkan menjadi Rp 1 juta atau lebih.

Totalnya bantuan dana bergulir ekonomi produktif yang diberikan kepada 19 pelaku usaha kecil yakni sebesar Rp 15 juta . Rincianya, 9 pelaku usaha kecil menerima bantuan sebesar Rp 500 ribu perorang, 9 pelaku usaha lagi menerima sebesar Rp 1 juta perorang dan satu pelaku usaha menerima sebesar Rp 1,5 juta.

“Bantuan dana bergulir yang diberikan Baznas Kabupaten Kebumen ini tidak berbunga. Penerima bantuan hanya diminta menyisihkan dana 10 persen dari bantuan sebagai “angsuran” setiap bulannya, hanya saja angsuran itu diniatkan sebagai shodaqoh bukan cicilan hutang,”jelasnya.

Djatmiko menegaskan, bantuan bergulir itu tidak diambil dari dana zakat, melainkan dana infaq dan shodaqoh yang dihimpun BAZ Kabupaten Kebumen. Sejak tahun 2011 hingga sekarang, Baznas Kabupaten Kebumen telah menyalurkan bantuan dana bergulir ekonomi produktif sebesar Rp 135 juta kepada 194 pelaku usaha kecil.

“Bagi para pelaku usaha kecil yang sudah berkembang, kedepanya mereka akan dibantu untuk bisa mengakses bantuan dari perbankan untuk mengembangkan usahanya agar bisa lebih maju,”pungkas Djatmiko.(ben/radarbanyumas)


_________________________________________________________________________________________

DOWNLOAD CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN SIMPEL SERTA TEMPLATE DAFTAR RIWAYAT HIDUP(CURICULUM VITAE)

_________________________________________________________________________________________
KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!