Kilas Berita:

Waspadai Zat Kimia Berbahaya di Jajanan Anak

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kebumen meminta orangtua dan sekolah mengawasi jajanan yang dikonsumsi anak-anak dan yang berada di sekitar lingkungan sekolah. Dinkes juga melayangkan surat rekomendasi ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga untuk membuat kantin sekolah sehat di semua jenjang sekolah.

Anjuran itu menyusul temuan jajanan anak sekolah yang diketahui mengandung zat tambahan makanan berbahaya, seperti boraks, formalin, rhodamin B, maupun metanil yellow. Kandungan zat berbahaya bagi kesehatan itu ditemukan ketika Dinkes Kabupaten Kebumen melakukan uji petik dengan mengambil sampel makanan dan jajanan di sejumlah sekolah.

Rhodamin B ditemukan pada jajanan sosis bintang, es mutiara, kerupuk, cimol, dan agar-agar. Zat berbahaya formalin ditemukan di makanan sosis. Sedangkan boraks ditemukan pada jajanan tempura dan bakso goreng.

"Memang tidak semua produk yang sama mengandung zat kimia berbahaya. Misalnya pada sosis, ternyata tidak semua sampel sosis mengandung kimia berbahaya. Namun para orangtua dan sekolah tetap harus waspada dan memperhatikan jajanan yang dikonsumsi anak-anak," terang Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK) Dinkes Kabupaten Kebumen, Tri Aggorowati SKM, Rabu (3/9/2014).

Ditegaskan, zat kimia tersebut tidak semestinya digunakan untuk produk makanan. Seperti metanil yellow dan rhodamin B (pemberi efek warna merah) yang merupakan zat pewarna untuk industri tekstil. Sementara formalin sebagai pengawet mayat.

"Sangat membahayakan karena memicu timbulnya sel kanker. Efeknya memang tidak seketika. Tapi kalau dikonsumsi terus-menerus, bisa menimbulkan berbagai penyakit mematikan," tegasnya. (Suk/krjogja)


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!