Kilas Berita:

Ribuan Jamaah Ikuti Mujahadah Sapu Jagad

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Ribuan jamah yang berasal dari sejumlah kecamatan di Kebumen mengikuti Mujahadah Sapu Jagad tingkat Kebumen di Jalan Mawar Kelurahan Panjer, Kebumen. Mujahadah tersebut sekaligus silaturahmi antara jamah mujahadah dengan warga di Kelurahan Panjer.

Ritual mujahadah dipimpin oleh KH Makhrus Muqorobin dari Desa Adikarso dan KH Agus Janka Dausat dari Kajoran, Magelang. Selain doa bersama, kegiatan itu diisi ceramah yang disampaikan oleh pengasuh Pondok Pesantren Attaujiah Islami Leler, Banyumas KH Dr Zuhrul Anam.

Hadir dalam acara itu, Staf Ahli Bupati (SAB) Kebumen Siti Kharisah, Kasat Binmas AKP Tamzil Mardiono, dan sejumlah tokoh masyarakat Kelurahan Panjer. Karena tempat yang tak bisa menampung, banyak jamaah yang mengikuti pengajian serambi rumah warga. Meski demikian hal itu tidak mengurangi kekhusyukan jamaah dalam berdoa.

Ketua I Jamaah Mujahadah Sapu Jagad Kebumen Agus Wantoro menjelaskan, kegiatan mujahadah tingkat Kebumen digelar setiap satu purnama sekali yakni pada malam Rabu kliwon. Mujahadah digelar secara keliling dari satu kecamatan ke kecamatan lain.

Adapun Jamaah Mujahadah Sapu Jagad sendiri di Kebumen berdiri pada 2001. Hingga saat ini telah memiliki sekitar 2.000 anggota. Mereka berasal dari berbagai latar belakang, mulai pedagang, PNS, Polri, TNI, petani, bahkan mantan preman.

"Selain untuk mendekatkan diri kepada Allah, tujuan kegiatan ini adalah untuk menjalin ukhuwah Islamiyah," ujar Agus Wantoro kepada Suara Merdeka di sela-sela acara.

Penyakit Masyarakat

Kasat Binmas Polres Kebumen AKP Tamzil Mardiono dalam sambutannya mengajak masyarakat untuk memerangi penyakit masyarakat mulai dari penyalahgunana Narkoba, minuman keras dan perjudian. Pasalnya tingkat penyelahgunaan Narkoba di Kebumen terus meningkat. Tahun 2012 sebanyak delapan kasus meningkat di 2013 menjadi 10 dan hingga Agustus 2014 menjadi sembilan kasus.

"Sekarang ini peredaran Narkoba tidak hanya di kota besar, tetapi sudah sampai di pelosok desa. Hal itu terbukti kasus yang ditangani Polres Kebumen di pedesaan antara lain di Kecamatan Alian, Karangsmabung, dan Buayan," tandasnya seraya menyebutkan penyalahgunaan Narkoba merupakan salah satu media penularan HIV/AIDS yang sampai saat ini belum ada obatnya.
( Supriyanto / CN39 / SMNetwork )


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!