Kilas Berita:

Lowongan Kerja 2015 Lebih Besar Dibanding Angkatan Kerja Baru

JAKARTA (www.beritakebumen.info) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Armida Alisjahbana, mengatakan kesempatan kerja pada 2015 lebih besar ketimbang angkatan kerja baru.

Dalam rapat kerja Komisi XI DPR dengan pemerintah dan Bank Indonesia (BI), dia memaparkan, dengan asumsi pertumbuhan ekonomi sebesar 5,6 persen dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) 2015, diperkirakan angkatan kerja baru sebanyak 1,2 juta orang.

Sementara itu, kesempatan kerja yang tercipta sekitar 1,45 juta. "2015 Lebih tinggi ketimbang 2014, yaitu setiap 1 persen pertumbuhan ekonomi, menciptakan 275.000 kesempatan kerja baru," ujarnya.

Dia mengatakan, tingkat kemiskinan pada 2015 diperkirakan akan ada di kisaran 9-10 persen, dan tingkat pengangguran terbuka di kisaran 5,5-5,7 persen.

Menurutnya, target tersebut ditetapkan berdasarkan asumsi bahwa per Maret tahun ini, tingkat kemiskinan sudah mencapai 11,2 persen dan tingkat pengangguran terbuka sebesar 5,7 persen.

Angka tingkat pengangguran dinilai realistis, meskipun ada proses pemutusan hubungan kerja (PHK) yang terjadi pada tahun ini.

"Karena posisi tingkat pengangguran sudah 5,7 persen, meskipun di tenaga kerjaan ada kasus PHK dan sebagainya, tapi kita bisa perkirakan bisa dipertahankan, sehingga target 2015 ada di range 5,5-5,7 persen, itu angka yang realistis," ungkapnya. (viva)


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!