Kilas Berita:

UPK Bagikan Dana Surplus : Bantuan Kambing

KARANGSAMBUNG (www.beritakebumen.info) - Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen mengalokasikan perolehan dana surplus tahun 2013 untuk bantuan sosial.

Penerima manfaat dana itu, yakni warga di 14 desa dengan total Rp 219 juta dalam bentuk bantuan kambing.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis di Balai Desa Widoro, Kecamatan Karangsambung, baru-baru ini. Untuk Desa Widoro sendiri terdapat 17 warga yang menerima bantuan tersebut. Masing-masing mendapatkan satu ekor kambing.

Penyerahan bantuan dihadiri Ketua UPK Kecamatan Karangsambung Ahmad Solih Abror, perwakilan Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Sutarjo, Fasilitator Yuliana Linggawati, Camat Rianto Setyo Hartono dan Kadesa Widoro Ahmad Sodiq.

Ketua UPK Kecamatan Karangsambung Ahmad Solih Abror mengatakan, aset awal UPK tahun 2013, yaitu Rp 3.739.910.373 dan akhir tahun naik menjadi Rp 5.022.042.464.

Kemajuan Pesat

Surplus yang diperoleh Rp 857.314.237. Untuk alokasi dana surplus yang disediakan tahun ini sebesar Rp 803.024.147. Selebihnya untuk antisipasi risiko bencana sebesar Rp 54.290.080, mengingat wilayay Karangsambung rawan bencana alam. Dan berdasarkan musyawarah antardesa (MAD), dana surplus yang dibagikan untuk bantuan kali ini Rp 219 juta. "Sebelumnya kami serahkan bantuan sebesar Rp 12.240.044 untuk korban longsor di Desa Wadasmalang dan kebakaran di Desa Seling," kata Abror.

Ia mengatakan, pendapatan yang diperoleh UPK Kecamatan Karangsambung pada 2013 antara lain dari simpan pinjam untuk perempuan, cukup tinggi sebesar Rp 1.214.249.245.

Dia berharap tahun ini dan selanjutnya meningkat lagi. Selama ini, perkembangan UPK yang dipimpinnnya mengalami kemajuan pesat dari tahun ke tahun. Program dari PNPM Mandiri Perdesaan itu juga sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Bahkan semakin luas dengan sasaran lebih banyak.

Camat Karangsambung Rianto Setyo Hartono berharap agar bantuan dari UPk Karangsambung tersebut dapat bergulir ke kelompok lain. "Karangsambung merupakan tujuh kecamatan di Kebumen yang masuk kategori miskin. Diharapkan adanya bantuan ini dapat mengurangi kemiskinan," ungkapnya.

Perwakilan BKAD Sutarjo mengatakan, dana yang dibagikan itu merupakan keuntungan UPK Kecamatan Karangsambung pada tahun 2013.

"Setiap tahun ada bantuan, namun dalam bentuk berbeda. Tahun lalu berupa bedah rumah," kata Sutarjo.

Kades Widoro Ahmad Sodiq berharap bantuan itu menjadi tambahan usaha dan ekonomi keluarga. "Kami mohon kambingnya dirawat dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat beranak pinak," imbuhnya. (K5-32/suaramerdeka)


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!