Kilas Berita:

Tuntaskan Buta Aksara, Kodim Kebumen Terjunkan 22 Prajurit

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Guna mendukung pemberantasan angka buta aksara di Kebumen, Komando Distrik Militer (Kodim) 0709 Kebumen mencanangkan program bebas buta huruf 2014. Pencanangan dilakukan oleh Komandan Kodim (Dandim) Kebumen, Letkol Inf Putra Widyawinaya di Makodim Kebumen, Selasa (12/8).

Pencanangan secara simbolis dilakukan dengan menyerahkan buku tulis kepada perwakilan masyarakat yang hadir. Turut menyaksikan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kebumen, Adi Pandoyo unsur masyarakat beserta para Komandan Rayon Militer (Danramil) di jajaran Kodim Kebumen.

Letkol Inf Putra Widyawinaya menyampaikan, pihaknya siap menindaklanjuti program pengentasan buta aksara di Kebumen salah satunya dengan menerjunkan 22 anggota untuk bersama-sama Pemkab dan masyarakat menjadi tutor di 53 Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) di Kebumen. "TNI telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) untuk menyukseskan program ini," tegasnya.

Panglima Kodam (Pangdam) IV Diponegoro Mayjen TNI Sunindyo dalam amanat tertulisnya menyampaikan, program pengentasan buta aksara sudah diamanatkan Undang-Undang RI nomor 34 tahun 2004 tentang TNI terutama dalam operasi militer selain perang (OMSP).

Dalam OMSP Satkowil jajaran Kodam IV/Diponegoro siap membantu tugas pemerintah yang dilaksanakan melalui kegiatan pembinaan teritorial membantu melaksanakan program pengentasan buta aksara di seluruh wilayah Kodam IV Diponegoro yang meliputi di daerah Jawa Tengah dan DIY.

Data Kodam IV Diponegoro menyebutkan, masih ada 69.971 orang warga Jateng dan DIY terindikasi buta aksara. Rinciannya, 63.385 merupakan warga Jateng sementara sisanya, yakni 6.586 orang dari DIY.

"Dalam rangka melaksanakan program buta aksara 2014, Kodam IV Diopnegoro menerjunkan 987 prajurit sebagai pendamping bersama 591 dari Dinas Dikpora dan masyarakat sebanyak 2.025 orang dengan keseluruhannya tutor berjumlah 2.025 orang," ujarnya.

Sekda Adi Pandoyo mengapresiasi inisiatif TNI AD dalam upaya pemberantasan buta aksara. Selama ini TNI sudah terbukti berkontribusi besar dalam upaya pembangunan di Kebumen.
( Supriyanto / CN34 / SMNetwork )


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!