Kilas Berita:

Soal Kecepatan Pembahasan APBD Perubahan, Kebumen Turun Sembilan Peringkat

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Kabupaten Kebumen harus puas menduduki peringkat ke-11 dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah dalam menyusun APBD Perubahan 2014. Peringkat ini terjun bebas setelah tahun lalu menempati peringkat kedua sebagai kabupaten/kota yang paling cepat menyelesaikan pembahasan perubahan APBD.

Diduga, keterlambatan pembahasan dari tahun lalu disebabkan karena padatnya agenda, mulai Pemilu Legislatif, Pemilu Presiden, hingga bulan Ramadan.

Meski demikian, Bupati H Buyar Winarso berharap peringkat ini akan menjadi penyemangat dalam penyusunan APBD, Perubahan APBD dan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD ke depan. “Kami sampaikan dengan maksud agar di waktu mendatang pembahasan APBD Perubahan bisa lebih cepat. Dengan demikian tersedia cukup waktu untuk melaksanakannya,” ujarnya.

Bupati menjelaskan, proporsi belanja modal terhadap volume APBD yang ada, secara bertahap akan diupayakan memenuhi ketentuan sekurang-kurangnya 30 persen. Sehingga pada tahun anggaran mendatang, prosentase belanja modal akan lebih besar dari tahun anggaran 2014 ini.

Bupati mengungkapkan, anggaran belanja perjalanan dinas akan dibatasi. Yakni dalam pelaksanaan perjalanan dinas, baik dalam maupun luar daerah akan dilakukan secara selektif, frekuensi, jumlah hari dan pesertanya dibatasi sesuai substansi kebijakan. Sedangkan hasilnya akan dilaporkan secara transparan dan akuntabel.

Selain itu, anggaran honorarium PNS dan non PNS juga akan lebih selektif penggunaanya. Anggaran ini akan memperhatikan asas kepatutan, kewajaran dan rasionalitas.

Sementara itu pada Perubahan APBD 2014 terdapat sisa lebih perhitungan anggaran tahun sebelumnya (Silpa) sebanyak Rp 185,9 miliar. Jumlah ini bertambah Rp 110,4 miliar dari sebelumnya Rp 75,5 miliar.

“Kami akan melakukan langkah-langkah percepatan penyerapan anggaran. Serta optimalisasi belanja pada Perubahan APBD guna menghindari potensi besarnya Silpa pada tahun anggaran 2014,” terangnya.(ori/bdg/radarbanyumas)


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!