Kilas Berita:

Samidi Si Pembuat Perahu dari Kemacanan

KLIRONG (www.beritakebumen.info) - Dengan alat sederhana, Samidin (55) warga Dukuh Kemacanan, Desa Pandan Lor, Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen, membuat perahu berbahan kayu. Ia bekerja seorang diri dengan hanya menghasilkan satu perahu dalam sebulan.

Perahu kayu buatannya banyak dimanfaatkan para penambang pasir di daerah muara Sungai Luk Ulo Kecamatan Klirong. Harganya terbilang tidak murah, Rp 6 juta untuk perahu yang panjangnya 11 meter lebar 1 meter.

Samidin juga membuat perahu dengan ukuran lebih kecil yang panjangnya 7 meter lebar 60 sentimeter. "Kalau yang kecil harganya Rp 3 juta. Tetapi kalau mau borongan, satu perahu Rp 1 juta dengan kayu dari pemesan," ujar Samidin di Klirong, Senin (18/08/2014).

Samidin yang sudah membuat perahu sejak tahun 1995, memanfaatkan tanah di depan rumah sebagai 'galangan kapal'. Kayu yang digunakan, kayu dari pohon Mundung. Selain kuat dan tidak mudah pecah, juga tahan terhadap air. Sayangnya kayu tersebut mulai langka. Tidak mengherankan jika harga kayu itu cukup mahal.

"Hanya untuk kayunya saja, satu perahu butuh sekitar empat kubik yang harganya mencapai Rp 4,5 juta," jelas Samidin seraya mengatakan, pekerjaan paling sulit, ketika membuat bagian perahu yang melengkung, serta merapatkan setiap lapisan kayu agar tidak bocor.

Bagi para penambang pasir di muara Sungai Luk Ulo, perahu kayu menjadi sarana yang mutlak untuk dimiliki. Penambangan pasir dilakukan di tengah sungai dengan cara menyelam. Pasir diambil dari dasar sungai yang kedalaman airnya bisa mencapai lima meter. Keuntungan dengan menggunakan perahu kayu, selain kuat untuk mengangkut pasir 1,5 kubik, juga tidak khawatir bocor terkena serok pasir yang terbuat dari besi. (Suk/krjogja)


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!