Kilas Berita:

Salahi Ijin, Empat Minimarket di Kebumen Disegel

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Tim gabungan yang terdiri atas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kebumen, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disperindag), serta aparat kepolisian menyegel empat minimarket yang tidak sesuai dengan perijinan, Rabu (13/8). Selain ditutup secara paksa, pintu keempat swalayan tersebut dipasang garis pembatas Satpol PP.

Empat minimarket yang menjadi sasaran penyegelan berada di Jalan Kejayan, Kelurahan Tamanwinangun, Jalan Karangsambung, Jalan Tentara Pelajar Desa Kawedusan, dan di Jalan Soka-Klirong Desa Podoluhur, Kecamatan Klirong.

Tim yang dipimpin Kepala Bidang Penegakan Perda Satpol PP Sumaryo meminta karyawan untuk meninggalkan lokasi dan akan menutup toko tersebut. Setelah menandatangani berita acara, para karyawan tersebut kemudian meninggalkan lokasi dan membiarkan petugas menyegel pintu toko.

Kabid Penegakan Perda Satpol PP Sumaryo menegaskan, keempat swalayan tersebut terbukti masuk dalam jejaringan nasional.

"Padahal Pemkab Kebumen sudah tidak mengeluarkan ijin untuk usaha toko ritel modern waralaba nasional semacam Indomaret maupun Alfamart," ujarnya.

Sebenarnya, penertiban toko ritel yang tidak sesuai dengan ijin itu rencananya akan menyasar lima minimarket yang sudah dilakukan penyelidikan sebelumnya. Akan tetapi satu minimarket di Jalan Tentara Pelajar persisnya di depan Mapolres Kebumen terlebih dulu tutup sebelum disegel. Toko ini tidak berhasil disegel lantaran petugas tidak bisa bertemu dengan pengelola toko ritel modern ini.

Lebih lanjut, Sumaryo menyampaikan, lima swalayan tersebut terbukti menyalahi ijin yang diajukan ke Pemkab Kebumen melalui Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu dan Penanaman Modal (KPPT-PM). Dalam ijinnya, pengelola toko tersebut akan mengelola sendiri tokonya dan tidak menyerahkan pengelolaan pada perusahan waralaba nasional.
( Supriyanto / CN39 / SMNetwork )


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!