Kilas Berita:

Salah Gunakan Bansos dan HIbah, Perangkat Desa Bisa Ditangkap

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Perangkat desa ditekankan untuk mengelola bantuan sosial (bansos) maupun hibah yang diberikan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah secara baik dan benar. Pertanggungjawabannya pun tidak boleh melenceng dari ketentuan yang berlaku. Sehingga tidak menimbulkan permasalahan hukum.

“Saya hanya ingin lihat perencanaannya baik, pelibatan masyarakat ada, sesuai dengan kepentingan, monitoring, evaluasi, sampai dengan pelaporannya beres. Kalau sekarang kita salah menggunakan, jaksa turun ke desa nangkap njenengan,” tegas Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH saat memberikan Pembekalan Kepada Ketua Pokmas dan Kepala Desa Penerima Hibah Pemberdayaan Masyarakat Bidang Sarana Prasarana Penataan Lingkungan Pemukiman 2014, di Gradhika Bhakti Praja, Kamis (14/8).

Diakui, pada tahun pertama ini pembangunan tidak bisa berjalan instan seperti harapan masyarakat. Karenanya, pembangunan terus dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan. Prioritas yang ditangani saat ini adalah infrastruktur untuk memperbaiki kondisi jalan yang buruk. Dalam mempercepat pembangunan infrastruktur pemerintah provinsi memberikan rangsangan pembangunan melalui dana stimulan. Salah satunya pemberian bantuan langsung ke desa yang besarnya bervariasi mulai Rp 40 juta sampai dengan Rp 100 juta tiap desa. Bantuan itu sekaligus pemanasan bagi perangkat desa untuk mengelola keuangan dengan baik sebelum turunnya bantuan desa dari pemerintah pusat.

“Saya sudah kawal undang-undang desa. Sampeyan mesti engko entuk duit, ning matane ojo ijo. Ngerti duit matane ijo to. Dadi karepe dipek, lha cilaka iki. Saya tidak mau ketika kita akan memberikan nantinya bapak/ ibu belum siap. Kalau kemudian tidak siap, yang terjadi adalah keliru. Kadang-kadang tidak ada maksud untuk korupsi, ning tekene keliru. Dalam persepsi hukum, keliru iso ditangkep. Saya tidak mau itu. Ini latihan dulu, pemanasan. Besok sampeyan entuk sak milyar punjul ngiler. Ampun nggih,” ucapnya.

Ganjar mengharapkan bantuan yang diberikan bisa benar-benar dirasakan oleh rakyat untuk mewujudkan kemajuan di daerah. Tugas itu memang tidak ringan. Tetapi sebagai perangkat desa yang sudah mendapatkan amanah dari rakyat tentu harus melaksanakannya dengan baik.

Gubernur juga terus mendorong bagaimana desa dapat berkembang tanpa harus menjadi kota. Modernisasinya tidak diarahkan seperti penataan kota yang dipindahkan ke desa. Karena yang khas dari desa itu adalah guyubnya dan nilai-nilai kearifan yang dimiliki. Hal tersebut bisa dilihat dari kebiasaan masyarakat untuk berembuk, tidak okol-okolan, yang sebenarnya merupakan akar demokrasi.

“Kebahagiaan saya nanti akan memuncak ketika kemudian nanti hasil itu bisa kita lihat bersama-sama, pertunjukannya baik, hasilnya baik, manfaatnya baik, dan nanti hasil akhirnya itu bisa meningkatkan kesejahteraan dengan ukuran yang juga baik,” bebernya.

Kepada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Tengah Drs Tavip Supriyanto MSi menyatakan pembekalan dilakukan dengan mendatangkan narasumber dari Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, aagar perangkat desa bisa mengetahui secara langsung mengenai pengelolaan keuangan yang benar. Baik aspek yuridis, pidana, dan lain sebagainya. Sehingga pelaksanaan hibah bansos sarana prasarana penataan lingkungan permukiman betul-betul bermanfaat, tepat sasaran, dan pelaksanaannya juga bisa dipertanggungjawabkan. Kegiatan pembekalan dihadiri 280 ketua kelompok masyarakat (pokmas) yang terkait dengan hibah sarana prasarana lingkungan permukiman desa. Selain itu juga diikuti kepala desa, Kepala Bapermas Kabupaten/Kota yang bersangkutan.

“Dan tadi sudah diberikan contoh, tidak untuk menakut-nakuti tetapi bagaimana kita bisa melaksanakan hibah bansos ini sesuai dengan perundang-undangan,” ungkapnya. (humas jateng)


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!