Kilas Berita:

Perjalanan ETK di Kebumen

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Kebumen akan menerima pasukan Estafet Tunas Kelapa (ETK) dari 2 arah pada tanggal 28 Agustus jam 15.00 yaitu dari arah Barat menerima dari Banyumas rencana di Lapangan samping SDN 2 Bumiagung Rowokele. Pasukan penerima dari SMAN 2 Kebumen, Pejabat yang menyerahkan/menerima antar Wakil Bupati. Dari arah Timur dari Purworejo rencana di lapangan samping SDN Pecarikan Prembun. Pasukan penerima dari MAN 2 Kebumen, Pejabat yang menyerahkan/menerima antar Sekda.

Pelaksanaan Kirab ETK di Kabupaten Kebumen Jum’at (29/8) pukul 14.00 – 16.15 wib. Rencana Route sepanjang + 10 Km terdiri 2 etape (dari 2 pasukan pembawa) yakni dari( SMAN 2 + SMPN 3 Kebumen) dan pasukan pembawa dari ( MAN 2 + MTsN 1 Kebumen ). Pembina Upacara yang memberangkatkan direncanakan Bapak Bupati selaku Ka Mabicab dengan route Start Pendopo – putar alun-alun Jl. Pahlawan – Jl Sugiono – Jl. Pramuka – Jl Pemuda – Kaswari – Jl. Kutoarjo – Lampu Bangjo – Jl.Tentara Pelajar – Pergantian pasukan di Depan workshop DPU – Jl. Sarbini – Jembatan Tembana – Kolam Gading Pejagoan – Jl. Ronggo Warsito – Jl. Pahlawan – Kembali ke Pendopo.

Penyemayaman dilaksanakan 2 kali tanggal 28 Agustus 2014 akan diisi hiburan untuk masyarakat dan pramuka dan tanggal 29 Agustus 2014 Sarasehan dengan nara sumber dari Bapak Gubernur/Ka Mabida dan Ka Kwarnas di pendopo Rumah Dinas Bupati. Selain itu juga dilaksanakan Bakti masyarakat di lokasi yang dilalui route ETK di Kebumen dalam bentuk pencabutan paku di pohon, penyaluran air bersih, Bedah rumah dan bumbung kemanusiaan.


Estafet Tunas Kelapa (ETK) diselenggarakan dengan maksud untuk memasyarakatkan Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda, meningkatkan pembinaan khususnya pada anggota Gerakan Pramuka Jawa Tengah serta dalam rangka menyemarakkan 53 Tahun Gerakan Pramuka. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Kebumen Djuwarni Amd Pd selaku Ka Kwarcab Kebumen, di ruang rapat Setda beberapa hari lalu.

Estafet Tunas Kelapa (ETK) sebagai ciri khas kegiatan Kwartir Daerah Jawa Tengah sekaligus sebagai kegiatan tradisi setiap Tahun yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan sebagi alat untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka yaitu membentuk manusia yang berkarakter, berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur sebagai warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila. Hal lain yang ingin dicapai pada kegiatan ini adalah memasyarakatkan Gerakan Pramuka, karena pada dasarnya Pramuka dan masyarakat merupakan bagian yang tak terpisahkan.

Berbekal keinginan tersebut maka Kwartir Daerah Jawa Tengah menyelenggarakan ETK Tahun 2014 dengan start dari 14 (empat belas) titik Kwartir Cabang Kabupaten/Kota, yang selanjutnya menuju satu titik di Kabupaten Kebumen sebagai pusat Peringatan 53 Tahun Gerakan Pramuka Tingkat Jawa Tengah.

ETK Tingkat Jawa Tengah Tahun akan dilaksanakan selama 9 hari mulai tanggal 22 s.d 30 Agustus 2014, dengan start dari 14 (empat belas) titik. Start ETK dimulai pukul 08.00 WIB dan finish pukul 16.00 WIB. Ke 14 titik start tersebut yaitu Kwartir Cabang Kab Brebes, Kwartir Cabang Kab Batang, Kwartir Cabang Kota Semarang, Kwartir Cabang Kab Semarang, Kwartir Cabang Kab Jepara, Kwartir Cabang Kab Rembang, Kwartir Cabang Kab Blora, Kwartir Cabang Kab Sragen, Kwartir Cabang Kab Karanganyar, Kwartir Cabang Kab Wonogiri, Kwartir Cabang Kab Klaten, Kwartir Cabang Kab Banjarnegara, Kwartir Cabang Kab Banyumas, Kwartir Cabang Kab Cilacap.

Peserta ETK Kwartir Daerah Jawa Tengah Tahun 2014 adalah Kwartir Cabang serta Kwartir Ranting se-Jawa Tengah yang terdiri dari anggota Gerakan Pramuka Penggalang, Penegak dan Pandega serta Pembina Pramuka se Jawa Tengah dan didukung oleh dinas/instansi serta organisasi masyarakat yang ada. Setiap ETAPE menyiapkan pasukan inti sebanyak 61 (enam puluh satu) orang Pramuka terdiri atas Pramuka Putra dan/atau Putri . (admin kebumenkab)


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!