Kilas Berita:

Pemerintah Pusat Hijaukan Pantai Kebumen

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Masih banyaknya kawasan pantai di Kebumen yang gersang mendorong Pemerintah Pusat di tahun 2014 kembali membantu program penghijauan pantai di Kebumen. Bantuan berupa 50 ribu batang bibit lima jenis tumbuhan pantai termasuk pembiayaan pemeliharaan bibit sebelum dipindahkan ke lahan penghijauan.

"Pembuatan kebun bibit ini sudah dimulai sejak Mei 2014 yang dikelola Klomtan Cemara Desa Lembupurwo Kecamatan Mirit," ungkap Kabid Kehutanan Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kebumen, Ir Sus Agus Sutirto dalam peninjauan ke kebun bibit yang dikelola Klomtan Cemara di tepi laguna Sungai Wawar Desa Lembupurwo, Jum'at (29/08/2014).

Di kebun bibit tersebut sejak Mei 2014 ditumbuhkan 50 ribu benih tumbuhan bakau jenis Rhizophora, Cereops, Bruguierra dan Sonetaria serta tumbuhan Si Api Api/Avicennia. Mengingat di Kebumen belum ada penangkar benih tanaman pantai, pembelian benih dilakukan di penangkaran benih tanaman pantai milik petani benih di Kabupaten Cilacap.

"Kawasan pantai yang membentang di sembilan kecamatan Kebumen dan bergaris pantai sepanjang 50 kilometer lebih, hingga kini belum semuanya tersentuh penghijauan. Bahkan, di kawasan yang sudah dihijaukan pun masih perlu penyempurnaan akibat banyaknya bibit yang ditanam mati. Untuk itu, dibutuhkan keterlibatan langsung masyarakat," jelas Sus. (Dwi/krjogja)


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!