Kilas Berita:

Pembelian Solar Dibatasi, Sopir Kelimpungan

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Sejak seminggu terakhir para sopir kendaraan berat yang melalui jalur selatan kelimpungan karena kesulitan mendapatkan bahan bakar (BBM) jenis solar. Jika pun ada, pembelian solar untuk bus besar maupun truk besar dengan kapasitas 250 liter dibatasi maksimal Rp 300.000.
"Ya, jelas jumlah tersebut sangat kurang untuk truk dengan rute Merak-Surabaya seperti saya," ujar Rahmat (45) sopir truk kepadaSuara Merdekasaat mengisi solar di SPBU 44.443.09 Jalur Lingkar Selatan Tamanwinangun, Kebumen, Senin (25/8).
Kelangkaan solar juga dikeluhkan awak bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang melintas di jalur selatan. Armada PO Efisiensi jurusan Yogyakarta-Cilacap maupun Yogyakarta-Purwokerto misalnya mengalami kesulitan mengisi solar. Pasalnya, sejak pagi solar di SPBU di sepanjang jalur selatan menghilang.
"Awak kami sampai was-was, khawatir bus mogok di jalan karena kehabisan bahan bakar," ujar Manager Operasional PO Efisiensi Nonot Suhartanto.
Sementara itu, merujuk surat dari Pertamina yang ditandatangani Pjs General Manager Marketing Operation Region IV Widodo Budi Suprasto, tertanggal 22 Agustus, SPBU diminta untuk melakukan pembatasan pembelian solar bersubsidi.
Untuk bus besar dan truk besar maksimal Rp 300.000, bus sedang kapasitas tangki 150 liter maksimal, bus kecil dan truk biasa Rp 200.000. Sedangkan kendaraan pribadi maksimal hanya bisa membeli Rp 100.000.
SPBU juga diminta memprioritaskan solar bersubsidi kepada pengguna tertentu saat stok solar di tangki pendam SPBU berada pada level 1 ton di atas stok mati.
Kebijakan tersebut setelah ditetapkannya perubahan kuota nasional jenis BBM tertentu dari 48 juta kiloliter menjadi 46 juta kiloliter. Serta kebijakan pemerintah untuk tidak menambah anggaran subsidi BBM tahun 2014 sehingga dilakukan pengendalian penggunaan BBM bersubsidi.
(Supriyanto / CN31 / SMNetwork)


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!