Kilas Berita:

Pasokan Solar Dipangkas, Pembelian Dibatasi

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Pasokan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis solar untuk stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Kabupaten Kebumen dipangkas hingga 20 persen. Pembelian juga dibatasi maksimal Rp 300 ribu untuk tronton dan bus besar.

Kebijakan Pertamina yang membatasi pembelian solar diungkapkan Kasi Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disperindagsar) Kabupaten Kebumen, Agung Patuh."Pembatasan pembelian solar bersubsidi berlaku sejak 23 Agustus 2014. Bus besar dan tronton hanya bisa membeli solar maksimal Rp 300 ribu. Untuk bus sedang dan truk biasa, maksimal Rp 200 ribu. Sedangkan mobil pribadi maksimal Rp 100 ribu," jelas Agung saat melakukan pemantauan di SPBU Tamanwinangun, Senin (25/08/2014).

Sementara itu akibat pasokan dikurangi, solar di SPBU Tamanwinangun habis hanya dalam waktu 3-4 jam saja. Menurut Pengelola SPBU Tamanwinangun, Tarida, Pertamina hanya memasok 10,5 ton perhari sejak 18 Agustus lalu."Sebelum ada pengalihan jalur, dalam sehari rata-rata memang sekitar 10 ton. Begitu jalur dialihkan, Pertamina memenuhi kebutuhan solar dengan memasok 13 hingga 16 ton sehari. Namun sejak tanggal 18 Agustus, pasokan dikurangi hingga hanya 10,5 ton perhari," terang Tarida.

Pengendalian penjualan solar bersubsidi yang disertai pembatasan pembelian, membuat sopir truk kesulitan memenuhi kebutuhan solar. Apalagi ada banyak SPBU yang kehabisan solar sehingga mau tidak mau harus menunggu datangnya pasokan meski harus menginap. Akibatnya, waktu tempuh lebih lama.

"Karena harus menginap di perjalanan akibat tidak bisa mengisi solar, biaya perjalanan jadi membengkak. Perusahaan sih bisa memahami ketika waktu tempuh menjadi lebih lama. Namun yang rugi sopir karena biaya perjalanan tidak semuanya diganti perusahaan," ujar Yono (42) sopir tronton yang membawa barang dari Pasuruan Jatim ke Garut Jabar saat antre di SPBU Tamanwinangun. (Suk/krjogja)


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!