Kilas Berita:

Kebumen Muncul di Raperda DPRD Kudus

KUDUS (www.beritakebumen.info) - Pembahasan tiga raperda usulan Pemkab Kudus berjalan mulus. Tiga hari menjelang purnabakti, DPRD Kudus mengesahkan tiga raperda tentang perubahan SOTK, bangunan gedung, dan BPR Bank Pasar.

Pada rapat paripurna yang hanya dihadiri dihadiri sebanyak 31 wakil rakyat, Senin (18/8), perwakilan tiga panitia khusus (pansus) DPRD membacakan hasil pembahasan ketiga raperda tersebut. Tidak banyak perubahan yang terjadi pada perda yang diusulkan.

Pansus I misalnya, hanya menyarankan agar tim teknis bidang pelayanan perizinan diisi oleh aparatur yang berkompeten. Bupati diminta menetapkan standar kompetensi manajerial sehingga SDM yang mengisi tim teknis memiliki kompetensi dan kapasitas di bidangnya.

Pansus I juga meminta dibentuknya Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu tak menyulitkan warga dan para pemodal. “Dengan adanya lembaga itu, seharusnya pelayanan lebih profesional, cepat, akurat, tepat waktu, murah, transparan, pasti, dan terjangkau oleh masyarakat,” kata Wakil Ketua Pansus I Sunarto.

Pansus II yang membahas raperda bangunan gedung merekomendasikan pemkab segera membentuk Tim Ahli Bangunan Gedung (TABG). Pansus II menekankan penerapan Sertifikat Laik Fungsi (SLF) dan sanksi pidana bagi pelanggarnya.

“Bangunan adat Kudus sebagai ciri khas juga perlu dimasukan dalam bangunan gedung,” kata Ilwani, ketua Pansus II.

Usulan penyertaan modal hingga Rp 10 miliar untuk Perusahaan daerah BPR Bank Pasar juga disetujui Pansus III. Ketua Pansus III Noor Hadi mengatakan, pihaknya hanya mengoreksi sedikit pasal dari raperda, termasuk munculnya kata Kebumen dalam raperda tersebut.

Bupati Kudus Musthofa menyambut positif pengesahan tiga raperda tersebut. Pemkab akan segera mengatur pelaksanaan raperda tersebut lebih rinci dalam peraturan bupati. Khusus untuk perda SOTK, pihaknya ingin SKPD terkait belajar dari sejumlah kota besar seperti DKI Jakarta dan Kota Surabaya yang sudah lebih dulu menerapkan peraturan tersebut.
( Saiful Annas / CN39 / SMNetwork )

KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!