Kilas Berita:

Hidupkan Pramuka di Pedesaaan

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, direncanakan hari ini Sabtu (30/08/2014) menghadiri puncak peringatan hari Pramuka ke 53 tingkat Jawa Tengah di alun-alun Kabupaten Kebumen.

Sehubungan hal tersebut Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kebumen yang juga Wakil Bupati Kebumen, Djuwarni mengajak Kepala desa (kades) diminta proaktif menghidupkan Pramuka melalui Gugus Depan (Gudep) Teritorial di desanya masing-masing.

Ajakan tersebut disampaikan Gudep Teritorial harus dihidupkan karena Pramuka mempunyai andil yang besar dalam membentuk karakter bangsa. Hanya saja, belum banyak kepala desa yang menyadari kalau posisinya adalah Ketua Majelis Pembimbing Desa (Kamabisa)."Pramuka tidak hanya di sekolah. Tetapi di semua lapisan masyarakat. Di desa, ada Gudep Teritorial dengan kepala desa sebagai Kamabisa. Itu yang belum disadari kepala desa sehingga baru ada lima Gudep Teritorial di Kabupaten Kebumen," jelas Djuwarni.

Djuwarni yang hendak memasyarakatkan Gerakan Pramuka dan kepramukaan sekaligus mempramukakan masyarakat, juga mengakui masih kekurangan pembina Pramuka bersertifikat Kursus Mahir Dasar (KMD)."Pembina Pramuka tidak boleh sembarang, harus yang sudah lulus KMD. Di Kabupaten Kebumen, jumlahnya memang masih terbatas," papar Djuwarni yang sibuk mempersiapkan peringatan Hari Pramuka Ke-53 Tingkat Kwartir Daerah Jateng yang rencananya dihadiri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Sabtu ini. (Suk/krjogja)


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!