Kilas Berita:

Air Bersih Dipenuhi dari Hujan

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Warga pegunungan Kabupaten Kebumen masih bisa bernapas lega di musim kemarau tahun ini. Pasalnya, hujan yang masih mengguyur di musim kemarau membuat mereka terbebas dari kesulitan air bersih yang biasa dialami setiap datang musim kemarau.

Bagi warga pegunungan seperti di Dukuh Widoropayung, Desa Karangpoh, Kecamatan Pejagoan, setiap tetes air hujan tidak disia-siakan. Air hujan yang jatuh di genteng, dialirkan ke kolam yang dibuat dengan cara menggali tanah wadas yang cukup keras. Satu rumah, rata-rata memiliki lebih dari satu kolam.
"Di Dukuh Widoropayung tidak mungkin dibuat sumur gali. Karena itu air hujan menjadi tumpuan kami untuk memenuhi kebutuhan hidup," jelas Liswanto (43) warga Dukuh Widoropayung, Kamis (07/08/2014).

Tahun sebelumnya, warga mengalami kesulitan air bersih karena kemarau membuat kolam penampungan kering kerontang. "Kemarau tahun lalu, kami dibantu air bersih oleh Pemerintah Kabupaten Kebumen," ungkap Mulyadi (30) juga warga Widoropayung.

Hanya saja, bantuan air bersih dengan mobil tangki yang datangnya seminggu dua kali, tidak mampu mencukupi kebutuhan semua warga. Tidak sedikit warga yang akhirnya membeli air bersih yang satu tangkinya Rp 350 ribu. (Suk/kr)


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!