Kilas Berita:

86 Peserta Ikuti Pemilihan Duta Wisata Pelajar Kebumen

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Sebanyak 86 peserta yang terdiri atas 43 pasang pelajar mengikuti Pemilihan Duta Wisata Pelajar tingkat Kebumen 2014, Rabu (27/8). Ajang pemilihan berlangsung selama sehari di Aula Shinta 2 Grafika Hotel & Restaurant Gombong, Kebumen.

Para peserta pemilihan terbagi menjadi tiga kelompok. Untuk kelompok SD/MI sebanyak 19 pasangan, SMP/MTs sebanyak 12 pasangan dan SMA/MA/SMK sebanyak 12 pasangan.

Sedangkan kelompok SD para peserta merupakan perwakilan dari tiap-tiap UPT Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kecamatan. Untuk kelompok SLTP dan SLTA merupakan perwakilan dari sub rayon.

"Dari 26 kecamatan, sampai acara berlangsung hanya 19 UPT yang mengirimkan peserta," ujar Sekretaris III Pemilihan Duta Wisata Pelajar tingkat Kebumen Endah Susi Widiastuti kepada Suara Merdeka, di sela-sela acara.

Sementara itu, sejak pagi para peserta mengikuti seleksi mulai administrasi, tes tertulis, wawancara, dan terakhir penampilan. Materi tes tertulis meliputi pengetahuan umum, pariwisata, wawasan nusantara dan pendidikan karakter. Sedangkan materi wawancara, untuk SMP dan SMA ditambah dengan Bahasa Inggris dan psikotes.

Pada siang hari, para peserta di setiap kelompok mengikuti tes penampilan. Dalam tes penampilan setiap pasangan diminta untuk memeragakan seragam identitas sekolahnya masing-masing. Para peserta berlenggak lenggok di atas catwalk yang telah disediakan. Selain itu, mereka diberikan kesempatan memperkenalkan diri dan mendapatkan pernyataan dengan materi yang telah ditentukan sesuai undian.

Pada sesi ini, dewan juri yang berasal dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kebumen, biro travel, agency model menilai keserasian seragam identitas sekolah, keserasian dan cara penampilan dan cara komunikasi. "Dalam ajang ini akan dipilih juara I, II, dan II untuk masing-masing kelompok," imbuh Endah Susi Widiastuti.

Selanjutnya para juara akan mendapatkan trofi dan piagam penghargaan. Khusus juara I SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK selain mendapatkan uang pembinaan Rp 500.000 juga akan mengikuti seleksi tingkat provinsi Jateng, 14 September mendatang.

"Grand final Duta Wisata Pelajar Jateng 2014 dijadwalkan akan berlangsung di Hotel Grafika Gombong dan dihadiri oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo," ujarnya.
( Supriyanto / CN31 / SMNetwork )


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!