Kilas Berita:

Stasiun KA Mulai Ramai H-8, Kini Bebas Pengasong Dan PKL

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Lonjakan penumpang yang turun di Stasiun Kereta Api (KA) Kebumen diperkirakan akan mulai terasa sejak H-8. Saat ini penumpang yang naik dan turun di Stasiun besar tipe C itu, masih stabil pada kisaran 400 orang per hari.

Kepala Stasiun Kebumen Dakim yang ditemui kemarin menjelaskan, sejak diberlakukan penertiban di lingkungan stasiun KA belakangan ini, suasana makin bersih dan tertib. Pengasong dan pedagong kaki lima juga sudah tidak ada. Bahkan untuk menyambut arus mudik dan arus balik Lebaran, petugas keamanan Polsus KA ditambah dari dua personel menjadi empat personel.

Adapun petugas pengamanan gabungan dari TNI dan Polri akan mulai siaga sejak H-7 Lebaran. Sebab pada saat itu, arus mudik dan balik Lebaran memasuki puncak. Diperkirakan setiap hari ada sekitar 800-1.000 penumpang yang naik dan turun di Stasiun Kebumen yang berlokasi di depan Kodim 0709 Kebumen.

Warung Ditertibkan

Dakim juga mengimbau agar calon penumpang membeli tiket di agen KA serta di Indomaret dan Alfamaret terdekat serta tidak usah berdesakan ke lokasi stasiun. "Pembelian tiket secara online ini semakin melancarkan memberikan pelayanan. Dulu Stasiun Kebumen dikenal kumuh dan pengasongnya sulit ditertibkan, perlahan kini sudah mulai bebas dari pengasong dan PKL," tandasnya.

Bahkan ada sekitar 24 warung yang menempel pagar tembok stasiun atau sebelah barat stasiun kini sudah dibongkar. Sebagai penggantinya koperasi Kodim 0709 membangun kios-kios semipermanen di depan stasiun.

Adapun bekas warung yang menempel pagar stasiun dipakai untuk perluasan parkir agar bagian depan stasiun kelihatan.

Dakim mengapresiasi langkah Pemkab Kebumen dan Kodim 0709 yang ikut memperhatikan peningkatan pelayanan di Stasiun Kebumen.

Apalagi para pengasong dan PKL juga telah diberi gerobak dan kini disediakan kios pengganti di seberang jalan masuk stasiun.

Menyinggung perjalanan KA yang berhenti di Stasiun Kebumen, menurut Dakim saat ini jumlahnya memang berkurang. Dari arah Bandung KA yang berhenti di Kebumen antara lain Lodaya, Mutiara Selatan, Pasundan dan Kutojaya Selatan.

Dari arah Jakarta, KA yang berhenti di Stasiun Kebumen antara lain Kutojaya Utara, Bogowonto, Sawunggalih, Taksaka dan Gajayana. (B3-32/suaramerdeka)


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!