Kilas Berita:

Perusahaan Diimbau Beri THR Tepat Waktu

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Seluruh perusahaan di Kebumen diimbau agar memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada karyawannya tepat waktu. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertransos) Kebumen memberi tenggat waktu, paling lambat H-7 lebaran atau 22 Juli mendatang THR harus sudah diberikan.

"Kami telah mengirimkan surat edaran kepada perusahaan terkait pemberian THR. Hal itu sekaligus menindaklanjuti Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI Nomor 4 Tahun 1994 tentang THR keagamaan bagi pekerja di perusahaan," ujar Kepala Bidang Hubungan Industri dan Pengawasan pada Disnakertransos Kebumen Heri Purnomo SH kepada Suara Merdeka, Jumat (18/7).

Adapun besaran pemberian THR, jelas Heri Purnomo, bagi yang memiliki masa kerja lebih dari dari setahun diberikan satu kali gaji. Sedangkan bagi karyawan yang kurang dari setahun THR diberikan secara proporsional, sesuai bulan selama bekerja dibagi 12 dikalikan satu kali gaji pokok.

"Jika masa kerjanya tiga bulan, berarti tiga dibagi 12 dikalikan satu kali gaji," imbuh Heri Purnomo.

Kepala bidang yang juga sebagai Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) di Disnakertransos tersebut secara tegas mengatakan akan memberikan sanksi jika ada perusahaan yang membandel dan tidak memberikan THR. Sanksi diberikan secara bertahap mulai pemberian teguran atau surat peringatan hingga terberat pencabutan hak ijin perusahaan.

"Meski demikian kami lebih mengutamakan pendekatan mediasi dan pembinaan kepada perusahaan," ujarnya.

Dari hasil pengamatannya, kondisi perusahaan di Kebumen relatif tertib dalam memberikan THR. Mereka juga relatif peduli kepada karyawannya. Sehingga agenda tahunan memberikan THR bagi karyawannya menjelang lebaran selalu mereka laksanakan.

Berdasarkan data Disnakertransos Kebumen, saat ini di Kebumen terdapat 693 perusahaan. Jumlah itu terbagi atas enam perusahaan menengah dan 687 perusahaan kecil.
( Supriyanto / CN19 / SMNetwork )


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!