Kilas Berita:

Perajin Limbah Drum Kebanjiran Pesanan

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Menjelang lebaran Idul Fitri 2014, para perajin pengolahan limbah drum Dukuh Kemitir Kelurahan Bumirejo Kecamatan/Kabupaten Kebumen, kebanjiran pesanan. Selain aneka asesoris kompor gas, juga alat/tungku pembakar sate.

"Menjelang lebaran tahun ini kami benar-benar kewalahan menerima pesanan pembuatan asesoris kompor gas dan alat pembakar sate dari berbagai daerah di Jawa Tengah, Jawa Barat dan Yogyakarta," ungkap Asep Irwanto, salah satu perajin pengolahan limbah drum Kemitir, di rumahnya, Selasa (08/07/2014).

Selain mengolah limbah drum/drum bekas wadah aspal, minyak dan aneka bahan cair pabrik sabun dan shampo secara manual, para perajin bisa pula membuat barang berbahan baku aluminium dan stainlesteel yang kualitasnya tak kalah dengan buatan pabrik. Selain asesoris kompor gas dan alat pembakar sate, mereka juga bisa membuat sekop/sendok pasir, oven/pemanggang kue dan lainnya.

"Namun setiap produk masa ramainya tak bersamaan. Seperti sekop pasir ramainya pada saat musim proyek tiba dan alat pembakar sate menjelang lebaran Idul Fitri dan Idul Adha. Di antara semua produk, hanya asesori kompor gas yang dibuat rutin sepanjang tahun. Lainnya dibuat secara musiman," ujar Asep.

Kendati pemasaran produknya lancar, namun sejumlah kendala dikeluhkan oleh perajin. Yaitu, sulitnya merekrut tenaga kerja dan persaingan harga produk dengan produk serupa buatan pabrik berperalatan mesin.

Dituturkan, dulu saat kampung ini menjadi sentra pembuat kompor minyak tanah, jumlah perajin mencapai 27 orang dan pekerjanya hampir 200 orang. Saat awal pelaksanaan konversi minyak tanah ke gas tahun 2007 , usaha pembuatan kompor minyak tanah surut, sehingga banyak perajin dan pekerjanya beralih profesi, hanya tersisa 4 perajin dengan 10 pekerja.

"Untuk menambah omset, kami sulit mencari pekerja baru. Sedangkan harga, kami harus bisa menekannya serendah mungkin agar bisa bersaing dengan produk buatan pabrik,"ujar Asep. (Dwi/krjogja)


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!