Kilas Berita:

Pendapatan 2013 Terealisasi 101 Persen : Perda APBD Ditetapkan

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Realisasi total Pendapatan Kabupaten Kebumen Tahun Anggaran 2013 Rp 1.626.530.654.021 atau 101,68 persen dari target yang telah dianggarkan sebesar Rp 1.599.628.126.000.

Hal itu diungkapkan Bupati Kebumen Buyar Winarso dalam sambutan yang disampaikan Wakil Bupati Djuwarni pada Rapat Pripurna DPRD Penetapan Perda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2013 di Gedung Dewan, Senin (14/7). Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD Soeprapto HS itu, dihadiri Wakil Ketua Dewan Yusuf Cahyono, Sekda Adi Pandoyo serta segenap pejabat eksekutif.

Bupati menjelaskan, saran Gubernur untuk tahun-tahun mendatang dalam merancang target setiap kelompok pendapatan memperhatikan potensi yang ada. "Terharap saran itu, telah dilakukan perhitungan secara cermat dengan mempertimbangkan akurasi prognosis dalam penetapan target pendapatan. Jadi, diharapkan realisasi melampaui target yang ditetapkan dalam APBD," tuturnya.

Bupati juga menyatakan, kemandirian Kabupaten Kebumen Tahun Anggaran 2013 sebesar 8,08 persen meningkat sebesar 0,66 persen dibanding rasio kemandirian tahun lalu sebesar 7,43 persen. Hal itu akan diupayakan, sehingga ketergantungan pada pemerintah Pusat semakin berkurang.

Tidak Optimal

Di sisi lain, Bupati mengakui terhadap target pendapatan pada beberapa SKPD yang realisasinya tidak optimal, ke depan akan diintensifkan lagi. Utamanya dalam pemungutannya dan dievaluasi sistemnya, sehingga realisasinya sesuai target yang ditetapkan dalam APBD.

Pada kesempatan itu, Buyar Winarso menekankan terkait berakhirnya Semester I tahun 2014, kepada para kepala SKPD diminta mematuhi ketentuan penyusunan dan penyampaian Laporan Realisasi Semester Mutasi Barang Daerah disertai penjelasan pencapaian targetnya untuk dilakukan konsolidasi. (B3-32/SM)


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!