Kilas Berita:

Pemkab Kebumen Waspadai Banjir

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Munculnya intensitas hujan yang tinggi pada Juni dan Juli 2014 di wilayah Kebumen utara/kawasan pegunungan Kecamatan Sadang, Karanggayam, Alian, Padureso, Prembun dan Poncowarno, berakibat meluapnya sejumlah sungai yang bermata air di kawasan itu. Selain menggenangi pemukiman warga dan lahan pertanian, luapan air sungai itu juga telah merusak bangunan rumah, tebing sungai dan tanaman pertanian milik warga.

"Karena itu, kami terus meningkatkan kewaspadaan akan terjadinya banjir susulan. Diantaranya, menyiapkan stok karung dan pasir secara memadai guna mengatasi kerusakan tanggul dan tebing sungai akibat banjir. Saat ini di gudang kantor kami tersedia 32 ribu lembar karung goni," jelas Kepala Dinas Sumber Daya Air Energi dan Sumber Daya Mineral
(SDAESDM) Kebumen, Ir Hartomo di kantornya, Senin (07/07/2014).

Hujan di bulan Juni dan Juli 2014 telah berdampak banjir akibat meluapnya sejumlah sungai di Kebumen. Meluapnya air sejumlah sungai itu diduga kuat akibat pendangkalan dan penyempitan alurnya dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir ini.

"Karena itu, selama satu hari ini kami melakukan pendataan terhadap dampak hujan deras selama beberapa jam pada hari Senin ini terhadap sungai dan lingkungan sekitarnya," ujar Kasi Sungai dan Pantai Dinas SDAESDM Kebumen, Syaiful Amri MT.

Dikatakan, pendangkalan dan penyempitan alur sejumlah sungai di Kebumen, diantaranya Sungai Karanganyar, Kethek, Kedungbener, Luk Ulo, Kemit, Jatinegara dan Abang kini merupakan permasalahan serius yang selalu diwaspadai oleh Pemkab Kebumen, karena rentan banjir.

"Akibat meluapnya air Sungai Karanganyar tanggal 27 Juni 2014 lalu, tembok halaman belakang tiga rumah warga dan berbagai jenis tanaman hancur. Selain masuk ke dalam rumah, air juga masuk ke dalam sebuah hotel di dekat rumah kami," ungkap Istiadi, warga Desa Panjatan Kecamatan Karanganyar Kebumen. (Dwi)


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!