Kilas Berita:

Pedoman Peringatan HUT Ke-69 Kemerdekaan RI Tahun 2014

Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Dukung Suksesi Kepemimpinan Nasional Hasil Pemilu 2014 Demi Kelanjutan Pembangunan Menuju Indonesia yang Makin Maju dan Sejahtera
JAKARTA (www.beritakebumen.info) - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Sudi Silalahi selaku Ketua Panitia Negara Perayaan hari-hari Nasional dan Penerimaan Kepala Negara / Pemerintah Asing / Pimpinan Organisasi Internasional, menerbitkan Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun ke-69 Kemerdekaan RI Tahun 2014.

Dalam surat tertanggal 23 Juni 2014 yang ditujukan kepada seluruh pimpinan lembaga negara, menteri , Gubernur Bank Indonesia, jaksa Agung, panglima TNI, Kapolri, pimpinan lembaga pemerintah non kementerian, kepala perwakilan RI di luar negeri, seluruh gubernur, bupati, dan walikota itu, Mensesneg menyebutkan, tema peringatan HUT ke-69 Kemerdekaan RI adalah: “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Dukung Suksesi Kepemimpinan Nasional Hasil Pemilu 2014 Demi Kelanjutan Pembangunan Menuju Indonesia Yang Makin Maju dan Sejahtera”.

Adapun tema dan logo peringatan Hut ke-69 Kemerdekaan RI  dapat diunduh di setneg.go.id, untuk diperbanyak dan disebarluaskan kepada masyarakat sampai ke kelurahan / desa.

Berdasar tema dan logo tersebut, pemerintah menghimbau kepada masyarakat untuk merayakan HUT RI tahun ini dengan meriah namun khidmat, dan sehemat mungkin, sesuai situasi dan kondisi setempat.

Terkait penyelenggaraan hiburan, Mensesneg Sudi Silalahi menggariskan:

Perayaan dijadikan momentum sarana pendidikan dan hiburan rakyat
Hiburan tidak hanya di ibukota provinsi/kabupaten tapi menyebar hingga di wilayah kelurahan dan pedesaan
Panitia penyelenggara harus berkoordinasi dengan aparat keamanan
Mendorong prakarsa dan kreativitas masyarakat dan mengedepankan hiburan khas daerah / tradisional.



Mensesneg juga meminta seluruh masyarakat, instansi pemerintah,lembaga swasta untuk mengibarkan bendera Merah Putih selama lima hari berturut-turut mulai 14 Agustus sampai dengan 18 Agustus 2014.

“Masyarakat di daerah hendaknya mengikuti siaran langsung Pidato Kenegaraan Presiden baik melalui radio maupun televisi, pada 15 Agustus 2014. Pada Jumat (15/8) pukul 09.00 Presiden dijadwalkan menyampaikan pidato dalam rangka HUT ke-69 Kemerdekaan RI di ruang Nusantara, Gedung MPR / DPR / DPD,” pinta Mensesneg.

Sedangkan pada 14.30 WIB, Presiden akan menyampaikan Pidato Pengantar / Keterangan Pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2015, beserta Nota Keuangannya pada Rapat paripurna Pembukaan Masa Sidang DPR RI Tahun Sidang 2014 – 2015 di Ruang Nusantara, Gedung MPR / DPR / DPD.

Adapun pada Sabtu (16/8) pukul 24.00 WIB Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta.

Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI akan dilaksanakan di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. Selanjutnya, pada pukul 12.00 WIB , Presiden akan beramah-tamah dengan perintis kemerdekaan, veteran, purnawirawan, wredhatama, warakawuri, pahlawan nasional, angkatan 45 di Istana Negara.

Sementara upacara penurunan Bendera Sang Merah Putih pada 17.00 WIB di Halaman Istana Merdeka, diawali dengan marching band dan kesenian pada 15.00 WIB. Dan pada 20.00 WIB, Presiden menyelenggarakan resepsi kenegaraan di halaman tengah Istana Merdeka dan Istana Merdeka.

Pada Senin (18/8) pukul 15.00 WIB di halaman Istana Merdeka, Jakarta, akan digelar pawai seni budaya kreatif. Sedang pada 20.00 WIB Presiden menggelar silaturahmi dengan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Pasukan Kehormatan Taruna Akademi TNI, dan Akademi Polisi, Paduan Suara dan Orchestra Gita Bahana Nusantara, Para teladan nasional serta peserta lomba dan pameran foto Indonesia tahun 2014 di J-Expo Kemayoran, Jakarta. (WID/ES)


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!