Kilas Berita:

Minat Pembuatan KTP Meningkat

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Semakin mendekati Idul Fitri 2014, pemohon kartu tanda penduduk (KTP) di kantor Dinas
Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukpil) Kebumen dan 26 kantor Kecamatan se Kabupaten Kebumen, kian meningkat dibandingkan hari-hari sebelumnya. Sayangnya, minat yang tinggi tersebut tak diimbangi oleh pengadaan fisik KTP elektronik maupun KTP manual baru.

"Pemberian wewenang oleh pusat bagi daerah untuk mencetak sendiri KTP elektronik ternyata hingga kini belum terealisasi. Karena, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) belum mengirimkan blangkonya kepada kami. Sedangkan pelaksanaan pencetakan KTP elektronik oleh pusat kini terhenti. Padahal kami selalu didesak oleh warga yang sangat membutuhkan KTP untuk berbagai keperluan mereka," ungkap Kepala Disdukpil Kebumen, H Ahmad Ujang Sugiono SH, di kantornya, Senin (21/07/2014).

Dikatakan, macetnya program pengadaan KTP elektronik tersebut menyebabkan para pemohon KTP hanya mendapatkan selembar surat keterangan sudah melakukan perekaman data saja. Disdukpil Kebumen belum bisa memastikan tentang waktu pencetakan KTP elektronik, mengingat pemerintah pusat hingga kini belum bisa memberikan jawaban tentang waktu pendistribusian blangko KTP elektronik bagi daerah.

"Tanggal 15 Juli 2014 kami ke Jakarta menanyakan langsung ke Kemendagri tentang realisasi pendistribusian blangko tersebut. Ternyata kami tak bisa mendapatkan kepastiannya," jelas Ujang.

Simpang siurnya kelanjutan pengadaan KTP elektronik tersebut akhirnya mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen kini menganggarkan Rp 75 juta dalam APBD Perubahan 2014 untuk mencetak 50 ribu KTP manual. Sebab, banyak wajib KTP yang sangat membutuhkan fisik KTP untuk meneruskan pendidikan, melamar pekerjaan dan berbagai keperluan lainnya.

"Mengingat KTP manual sampai kini masih berlaku resmi, maka dengan dana itulah Pemkab Kebumen akan menopang kebutuhan warga yang terdesak membutuhkan KTP tersebut dengan cara pemberian KTP manual secara gratis," ujar Ujang. (Dwi)


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!