Kilas Berita:

Makanan Kedaluwarsa Ditemukan di Pasar Modern

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Sejumlah produk makanan dalam kemasan yang sudah kedaluwarsa masih ditemukan di sejumlah pasar modern di Kebumen. Dalam razia dengan sasaran makanan dan minuman dalam kemasan berbahaya, Kamis (17/7) tim gabungan Pemkab Kebumen menemukan sejumlah produk tanpa dilengkapi label masa expired.

Tim gabungan yang terdiri atas Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Pengelolaan Pasar (Disperindagsar), Dinas Kesehatan, Kantor Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan Peternakan, Bidang Perekonomian dan Satpol PP memeriksa mini market Indomaret Selang, pusat perbelanjaan Rita Swalayan dan Alfamart Alun-alun Kebumen.

Meski secara umum, sebagian besar produk yang dijual di pasar modern tersebut sudah baik, tetapi masih ditemukan keteledoran pengelola. Di Indomaret Selang misalnya, tim menemukan kacang yang sudah kedaluwarsa. Sedangkan di Rita Pasaraya ditemukan obat haid yang sudah expired pada Mei 2014 lalu belum ditarik.

"Ini sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh konsumen," ujar Kepala Seksi Perlindungan Konsumen pada Disperindagsar Agung Patuh Gunawah Ahmadi kepada Suara Merdeka di sela-sela razia.

Selain menarik produk yang sudah kedaluwarsa, imbuh Agung Patuh, pihaknya juga mengingatkan kepada pengelola agar meningkatkan kualitas kontrol terhadap produk yang dijual.

Meski menjual makanan yang membahayakan merupakan pelanggaran hukum yang bisa dipidanakan, tetapi pusat perbelanjaan yang menjual produk yang tidak layak konsumsi masih belum dilakukan sanksi pidana. Tim masih sebatas melakukan pembinaan saja.

"Namun jika masih membandel mereka akan dikenakan sanksi administrasi sampai dengan penutupan usaha," ujarnya.

Agung Patuh menambahkan, razia makanan berbahaya akan terus dilakukan. Setelah pusat perbelanjaan dan mini market, pihaknya akan menggelar razia ke toko-toko yang tersebar di Kebumen. "Sebenarnya kegiatan pengawasan terhadap produk makanan dalam kemasan dilakukan secara rutin, tetapi menjelang lebaran ini intensitasnya terus ditingkatkan," tandasnya.
( Supriyanto / CN34 / SMNetwork )


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!