Kilas Berita:

Lehan, Penjahit Bermotor Keliling

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Menjadi penjahit keliling, dilakoni Lehan (30) dengan memanfaatkan sepeda motor yang dimiliki. Hasilnya cukup lumayan, rata-rata dalam sehari diperoleh pendapatan bersih Rp 30.000.

Dalam mengais rezeki, Lehan mengandalkan mesin jahit genjot yang dimodifikasi sendiri agar mudah dioperasikan di boncengan sepeda motor. Dengan duduk di jok menghadap belakang, Lehan bekerja menuruti kehendak konsumen.

"Kebanyakan memperbaiki atau merombak pakaian dan celana, menambal yang robek, mengganti resleting yang rusak, serta yang perlu dikecilkan, atau dibesarkan ukurannya jika memang masih memungkinkan," terang Lehan sambil melayani pelanggannya di Pejagoan, Kebumen.

Ongkos kerjanya terbilang murah, antara Rp 3.000 hingga Rp 5.000. Dari usaha kelilingnya, sehari Lehan bisa membawa Rp 30.000 setelah dikurangi untuk membeli bensin dan makan.

"Kalau lagi ramai, bisa sampai Rp 50.000. Menjelang lebaran, bisa sampai Rp 100.000 karena banyak yang memotong baju dan celana baru," ujar Lehan.

Bujangan dari Sokaraja Banyumas yang tinggal di Desa Bumiharjo, Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen itu, sudah menekuni usahanya selama empat tahun. Pengalamannya menjahit diperoleh ketika bekerja di pabrik konveksi di Bogor. (Suk/krjogja)


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!