Kilas Berita:

Lebaran, Pendapatan Wisata Ditarget Rp 1.7 Miliar

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Diparbud) Kebumen menargetkan, selama sepekan libur Lebaran bisa menjaring 376.500 pengunjung atau menghasilkan pendapatan setara Rp. 1.7 miliar.

Sekretaris Diparbud Kebumen, Wuryanto, di ruang kerjanya, kemarin, menjelaskan, pihaknya masih mengandalkan dua objek wisata yakni Gua Jatijajar Kecamatan Ayah dan pantai Suwuk Kecamatan Puring. Dua Objek itu diharapkan masih bisa menyedot wisatawan luar daerah selama lebaran mendatang.

Namun Wuryanto mengakui, sejumlah objek wisata di Kebumen setiap lebaran juga dibanjiri pengunjung yang menikmati plesiran. Seperti Pantai Petanahan, Pantai Logending Ayah, dan objek wisata musiman seperti Pantai Ambal, Pantai Buluspesantren dan Pantai Rawa Mirit.

Selain itu, Kebumen masih memiliki objek wisata Gua Petruk Ayah, benteng Vander Wijck Gombong, wisata air Jembangan Poncowarno, Waduk wadaslintang dan waduk sempor serta pemandian air hangat Krakal, Alian.

Menyinggung persiapan menghadapi musim Lebaran, Wuryanto menjelaskan bahwa Pemkab telah menggelar rapat koordinasi pada 25 Juni lalu yang dipimpin oleh Assisten III Sekda. Rapat diikuti unsur BPBD dan PMI serta camat dan kapolsek yang memiliki objek wisata, Tim SAR, TNI AL di Ayah, Satpol PP dan masyarakat paguyuban wisata.

Antisipasi Gangguan

Rapat persiapan tidak hanya membahas upaya menjaring wisatawan, namun juga mencegah dan mengantisipasi berbagai gangguan keamanan, seperti aksi prmanisme dan ancaman bahaya kecelakaan di laut. Bahkan saat ini petugas Diparbud setiap hari telah ditugaskan untuk mendampingi objek wisata andalan guna membantu melakukan persiapan.

Guna meningkatkan pelayanan selama sepekan lebaran itu Diparbud menyiapkan 261 petugas teknis. Bahkan persiapan lain yakni perbaikan jalan menuju objek wisata telah dilakukan DPU, serta akan disusul pendirian posko pelayanan di objek wisata. "Kami juga selalu bekerja sama dengan Polsek untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan di objek wisata serta melibatkan Tim SAR dan TNI AL, " Jelas Wuryanto.

Berdasarkan data di Diparbud, pendapatan sektor pariwisata tahun 2014 ditarget Rp. 5,202 miliar. Hingga akhir Juni lalu baru terealisasi Rp. 1,923 miliar atau baru 36,98 persen. Adapun kekurangannya diharapkan bisa ditutup dari pendapatan selama Lebaran serta liburan akhir tahun. (B3-78/suaramerdeka)


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!