Kilas Berita:

Jadi Rujukan Dunia, Presiden SBY Minta Seluruh Rumah Sakit Tingkatkan Kualitas

JAKARTA (www.beritakebumen.info) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengemukakan, bahwa saat ini pelayanan kesehatan di Indonesia sudah menjadi salah satu rujukan di dunia. Karena itu, ia meminta seluruh rumah sakit di tanah air agar meningkatkan kualitasnya sesuai dengan standar nasional.

Saat meresmikan Rumah Sakit (RS) Pusat Otak Nasional (PON) di kawasan Cawang, Jakarta Timur, Senin (14/7), Presiden SBY menyampaikan, kalangan swasta dan sektor privat menilai bisnis di bidang kesehatan memiliki prospek yang bagus karena makin banyak rakyat Indonesia yang menginginkan layanan kesehatan yang prima.

Karena itu, Presiden SBY berharap jajaran pemerintah dan swasta untuk menjemput bola, untuk menciptakan kesempatan. “Daripada diambil pihak luar negeri, lebih baik dalam negeri yang tidak menyia-nyiakan kesempatan ini," tuturnya.

Dikatakan Kepala Negara, meningkatnya pendapatan per kapita dan daya beli rakyat telah turut meningkatkan jumlah kelas menengah menjadi hingga 1/4 dari jumlah total penduduk Indonesia. Kondisi ini mendukung berubahnya gaya hidup masyarakat. Akibatnya, pencarian pelayanan kesehatan yang memadai terus bertambah.

"Purchasing power semakin baik, membuat orang ingin mendapatkan kualitas layanan ingin baik. Tidak sedikit yang berobat ke luar negeri," ungkap Kepala Negara.

Pemerintah, lanjut Presiden SBY, tahun ini telah mengalokasikan anggaran hampir Rp 20 triliun untuk meningkatkan kualitas rumah sakit dan fasilitas kesehatan bagi masyarakat luas. “Alokasi anggaran ini meningkat 200 persen dibanding tahun-tahun sebelumnya,” tegasnya.

RS PON

Mengenai RS PON yang diresmikannya, Presiden SBY optimistis RS ini akan menjadi rumah sakit kelas dunia. “I'm very optimistic, bahwa RS Pusat Otak Nasional bakal menjadi world class hospital," tegasnya.

Untuk itu, Presiden SBY yang didampingi oleh Ibu Negara Hj. Ani Yudhoyono berharap, RS. Pusat Otak Nasional ini menyediakan tenaga medis profesional untuk membawa institusi ini menjadi 'World Class Hospital'.

Dalam kesempatan itu, Presiden SBY menyampaikan apresiasi kepada menteri terkait dan seluruh pihak yang telah melakukan langkah nyata untuk membangun RS PON ini. "Atas nama negara dan pemerintah, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ibu Menteri Kesehatan dan semua pihak yang telah berhasil menghadirkan rumah sakit yang sudah ditunggu sejak beberapa tahun silam," kata SBY.

Menteri Kesehatan (Menkes) Nafsiah Mboi dalam laporannya menyampaikan, sebagai RS pusat neurologi yang mampu bersaing secara global, RS PON dilengkapi peralatan kesehatan berteknologi mutakhir, salah satunya CT Scan 250 slice.

“Dengan penyediaan sarana dan prasarana yang prima, serta peningkatan kualitas pelayanan, maka diharapkan keberadaan rumah sakit ini akan meningkatkan citra rumah sakit pemerintah di mata masyarakat, dimana juga mampu menyediakan pelayanan dengan kualitas tinggi,” kata Menkes.

RS PON berdiri di atas lahan seluas 11.955 m2 di kawasan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur. RS ini digagas sebagai upaya untuk dapat mengatasi permasalahan kesehatan otak dan saraf dengan menjadi pusat rujukan nasional serta mengembangkan pendidikan dan penelitian di bidang neurologi. Pemancangan tiang pertama pembangunan RS PON dilakukan pada 1 November 2011 dan telah dilakukan soft launching pada 1 Februari 2013.

Bangunan RS PON memiliki 11 lantai terdiri dan beberapa kategori ruang rawat inap, termasuk ruang rawat kelas III sebagai ruang rawat inap bagi pasien peserta PBI program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dijalankan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial bidang Kesehatan (BPJS Kesehatan).

Tampak hadir dalam peresmian RS PON itu antara lain Menko Perekonomian Chairul Tanjung, Menkes Nafsiah Mboi, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, dan Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Cahya Purnama. (Humas Setkab/ES)


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!