Kilas Berita:

Dinas Koperasi Kelola APBD Rp 4,28 Miliar

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Dinas Koperasi dan UMKM Kebumen tahun 2014 ini mendapatkan alokasi anggaran dari APBD Kebumen sebesar Rp 4,28 Miliar. Dana tersebut meningkat dibandingkan dengan tahun 2013 yakni Rp 3,32 miliar.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kebumen, Maskhemi mengatakan, anggaran sebesar itu dimanfaatkan untuk melaksanakan tujuh program satuan kerja. Yakni program pelayanan administrasi perkantoran, peningkatan sarana dan prasarana, pengembangan data/informasi, penciptaan iklim usaha kecil menengah yang kondusif, pengembangan kewirausahaan dan keunggulan kompetitif usaha kecil menengah.

"Kemudian program pengembangan sistem pendukung usaha bagi usaha mikro usaha menengah serta program peningkatan kualitas kelembagaan koperasi," ujar Maskhemi kepada wartawan, Kamis (10/7).

Adapun sejumlah kegiatan yang secara langsung ditujukan bagi koperasi antara lain pelatihan pengelolaan koperasi / KUD, koordinasi pelaksanaan kebijakan dan program pembangunan koperasi, peningkatan sarana dan prasarana dan pelatihan perkoperasian, pembinaan pengawasan dan penghargaan koperasi berprestasi, peningkatan pengembangan jaringan kerjasama usaha koperasi dan monitoring dan evaluasi.

"Dalam rangka pemberdayaan koperasi di Kebumen kami mendapatkan alokasi anggaran dari APBD Jateng sebesar Rp 20 juta untuk pengawasan koperasi," ujarnya.

Penghargaan

Dia menyebutkan, tahun 2013 total alokasi anggaran untuk urusan koperasi dan UMKM mencapai Rp 8,82 miliar dan terealisasi sebesar Rp 8,4 miliar. Dana tersebut bersumber dari APBD Kebumen Rp 3,32 miliar dan APBN sebesar Rp 5,5 miliar. Tahun 2013 Pemkab Kebumen mendapatkan penghargaan dari Pemprov jateng sebagai daerah yang memiliki keberpihakan Pemkab terhadap Koperasi dan UMKM. "Kebumen juga mendapatkan penghargaan bakti koperasi dari Menkop dan UKM RI dan penghargaan sebagai kabupaten penggerak koperasi peringkat para madina madya koperasi," ujarnya.

Ketua Dekopin Kebumen Djoko Soetrisno mengatakan, peringatan Hari Koperasi ke-67 yang jatuh pada 12 Juli ini mengangkat tema "Koperasi Indonesia Menuju Ekonomi Global". Berbagai kegiatan akan dilaksanakan, antara lain penilaian koperasi sehat, donor darah, pembagian sembako. Tasyakuran dan buka bersama di gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) UMKM Kebumen digelar Jumat (11/7) malam.

Adapun upacara hari koperasi dilaksanakan di halaman Setda Kebumen, pada 17 Juli mendatang. "Resepsi peringatan hari koperasi akan digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati pada 23 Agustus mendatang," ujar Djoko Soetrisno. (J19-78/suaramerdeka)


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!