Kilas Berita:

Cermin Pusat Jajanan Kebumen

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - “Keberadaan pusat jajanan di Kebumen menarik minat warga dan wisatawan untuk mengunjungi”

Delapan tahun lalu, tiap pagi di pusat kota Kebu­men masyarakat masih mudah menjumpai pe­lajar mengayuh sepeda menuju sekolah. Kini keramaian pagi di jalan-jalan didominasi motor yang melaju cepat. Sementara, di sudut timur alun-alun, ’’sepasang’’ serabi masih berada di balik tungku, dikerumuni oleh pembeli yang setia mencecap cita rasa salah satu kuliner khas Kebumen.

Kakek nenek penjual serabi sibuk melayani pelanggan. Si kakek menjaga api supaya tetap menyala, sedangkan si nenek terampil mengaduk adonan, menuangkan ke cetakan, dan membubuhi topping sesuai pesanan. Gula Jawa atau pisang menjadi pilihan. Tanpa itu pun, pengan­an berbahan dasar tepung beras tersebut sudah terasa lezat oleh gurihnya santan.

Menginjakkan kaki di pusat kota Kebumen melalui gerbang batas kota sebelah timur, kita menjumpai sebuah kedai pasta di Jalan A Yani. Padahal 10 tahun lalu, warung nasi goreng dan bakmi masih jadi idola. Pasar Tumeng­gungan juga telah dibenahi dan dikelilingi kompleks pertokoan.

Tempat berbelanja sandang dan destinasi kuliner ter­lihat hampir di tiap ruas jalan. Daerah yang paling padat di sekitar alun-alun.

Alun-alun awalnya berfungsi untuk olahraga siswa, upacara, pasar malam, tempat berkumpul peserta pawai 17 Agustus, dan takbir keliling pada malam Lebaran. Sekarang hampir tiap hari meriah karena alun-alun telah mengemban fungsi tambahan sebagai arena rekreasi dan hiburan keluarga, serta salah satu pusat arena bermain bagi anak-anak.

Berkait keramaian itu, Pemkab membangun kawasan pusat jajanan di Jalan Mayjen Sutoyo. Tempatnya stra­tegis karena sangat dekat dengan alun-alun, kantor pusat pemerintahan, dan beberapa sekolah, yakni SD, SMP, SMA, dan SMK. Jalan Mayjen Sutoyo juga merupakan jalur lintasan angkutan kota di Kebumen.

Kawasan pusat jajanan sepanjang kurang lebih 500 meter biasanya mulai ramai menjelang senja. Meskipun pada siang hari pedagang sudah mulai berjualan, kawasan ini lebih padat pada saat jam makan malam. Di kanan-kiri terdapat belasan warung menawarkan kuliner khas, mulai soto khas Petanahan, sate dari Ambal, hingga bakso dan nasi goreng.

Dulu, kedai-kedai ini disebut warung tenda, kini tampaknya istilah itu kurang pas. Pemkab telah menyediakan kaveling permanen untuk pedagang, dengan memangkas bahu jalan sekitar 3 meter di tiap sisi. Alhasil, tempat makan menjadi lebih nyaman, tidak khawatir jika hujan turun, jauh dari kesan kumuh yang kadang melekat pada warung tenda.

Keberadaan pusat jajanan ini mampu menarik minat warga dan wisatawan untuk mengunjunginya. Di sisi lain, bangunan di kawasan ini menimbulkan polemik baru yang hendaknya disikapi dengan bijak. Ketika jam sekolah dan hari kerja, Jalan Mayjen Sutoyo berubah menjadi pusat kemacetan.

Sudah selayaknya Pemkab merefleksi program pembangunannya. Pusat jajanan merupakan sebuah te­robosan baru untuk meningkatkan pendapatan daerah. Solusi dari masalah tersebut, misalnya memindahkan pusat jajanan itu ke Pasar Tumenggungan atau Stadion Candradimuka dengan jam buka mulai pukul 17.00 hingga dini hari.

Inovasi

Harapannya, pada masa datang lebih banyak lagi inovasi yang menyediakan tempat yang menampilkan ke­unik­an Kebumen, baik kuliner, kesenian, hasil kerajinan, dan produk asli Kebumen untuk meningkatkan kecintaan masyarakat akan kearifan lokal, serta mempromosikanya kepada masyarakat.

Jangan sampai kebanggaan Kabupaten Kebumen menjadi kecacatan pada aspek lainnya. Pemerintah perlu mendisiplinkan perencanaan dan amdal pembangunan. Termasuk mempertimbangkan aspek tata kota, keber­man­faatan, keindahan, dan dampak sosial yang me­ng­iringi pembangunan tersebut. (10)


Penulis: Linda Wahyu Setyaningrum, warga Kebumen, mahasiswa S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia UNS Surakarta


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!