Kilas Berita:

Alokasi CPNS 2014 Jateng 1538 Formasi, 5 Kabupaten Tak Dapat Jatah

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Kepala atau perwakilan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dari 30 kabupaten/kota se-Jawa Tengah telah mengikuti Rakor Rencana Kerja Pengadaan CPNS Provinsi Jawa Tengah Tahun 2014 di aula BKD Prov. Jateng jalan Stadion Selatan No. 1 Semarang, Kamis (10/7/2014) lalu.

Kepala BKD Provinsi Jawa Tengah, Suko Mardiono SH MM, didampingi Kabid Pengembangan Pegawai BKD Prov. Jateng menyampaikan, Provinsi Jawa Tengah mendapatkan alokasi formasi CPNS tahun 2014 sejumlah 1538 formasi.Terbagi menjadi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan alokasi 166 formasi, sedangkan kabupaten/kota 1372 formasi terbagi dalam 30 Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah. Jumlah formasi masing Kabupaten/Kota berbeda, paling sedikit adalah Kabupaten Purworejo 25 Formasi, dan terbanyak adalah 75 formasi untuk Kota Semarang.

Dari 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah ada 5 Kabupaten yang tidak mendapatkan alokasi formasi CPNS tahun 2014 yaitu Kabupaten Rembang, Kudus, Pemalang, Wonosobo, Karanganyar.

Disampaikan pula bahwa, Prinsip Pengadaan CPNS sesuai Peraturan Kepala BKN (Perka BKN) No. 5 tahun 2012 , meliputi :

  • Obyektif yaitu proses pendaftaran, seleksi dan kelulusan riil;
  • Transparan yaitu pelamaran, pendaftaran, pelaksanaan ujian, pengolahan hasil ujian & pengumuman secara terbuka;
  • Kompetitif adalah semua pelamar bersaing secara sehat dan nilai passing grade dan atau nilai terbaik;
  • Akuntabel adalah seluruh proses dapat dipertanggungjawabkan ke stakeholder & masyarakat;
  • Bebas KKN yaitu seluruh proses harus terhindar dari unsur KKN;
  • Tidak diskriminatif yaitu tidak boleh membedakan pelamar berd suku, agama,ras, jenis kelamin, dan golongan;
  • Tidak dipungut biaya, pelamar tidak dibebankan biaya apapun;
  • Efektif yaitu dilakukan dengan kebutuhan organisasi;
  • Efisien yaitu dilakukan dengan biaya seminimal mungkin.

Untuk Prinsip Pengadaan CPNS tersebut, Pemerintah menetapkan sistem single entry atau sistem yang terintegrasi secara online dalam pelaksanaan pendaftaran seleksi aparatur sipil negara (ASN), khususnya calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi tahun 2014. Penegasan penetapan sistem tertuang dalam Surat Menteri PANRB nomor B/2645/M.PAN-RB/07/2014Â tanggal 3 Juli 2014, tentang Kebijakan Pengadaan Formasi ASN tahun 2014.

Surat tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Menteri PANRB nomor B/2550/M.PAN-RB/06/2014 tanggal 20 Juni 2014 perihal Tambahan Alokasi Formasi ASN. Disebutkan, Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) pusat dan daerah harus menggunakan aplikasi pendaftaran CPNS secara online yang dimiliki Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Diakhir sambutannya, Kepala BKD menyampaikan bahwa formasi 2014 yang sudah dikeluarkan untuk Pemerintah Daerah masih global, jadi belum terinci. (bk01/mat/bkd)



KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

1 comment:

  1. (Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!