Kilas Berita:

8 Tempat Wisata Pantai Jika pemudik Melalui JLSS

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Menempuh perjalanan jauh ke kampung halaman sayang sekali jika tidak dimanfaatkan dengan berwisata. Bagi Anda yang mudik melewati jalur selatan terutam jalur alternatif Jalan Lintas Selatan Selatan (JLSS) Kebumen, berikut adalah beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi.

Selain Pantai Utara (Pantura) dan Jalur Selatan, JLSS juga disebut Jalan Daendels itu berada di Selatan pulau Jawa, tepatnya melintasi provinsi Jawa Tengah. Jaraknya tak begitu jauh, hanya 130 kilometer. Jalan itu menghubungkan kota Bantul dengan Purworejo, Kebumen, dan Cilacap.

1. Pantai Ayah
Pantai Ayah terletak di perbatasan Kebumen - Cilacap. Bagi pemudik yang tidak ingin terjebak kemacetan bisa mengambil arah menuju Goa Jatijajar/Pantai Ayah selepas pertigaan Ijo atau bisa melalui Kota Cilacap via Adipala. Disini pemudik bisa menikmati muara Bodo dan pantai Ayah.

2. Pantai Pedalen
Selepas pantai Ayah, karakteristik jalan berubah menjadi berkeloak kelok mengikuti kontur perbukitan karst. Tak jauh dari Pantai Ayah, pemudik akan menemui Pantai pedalen. Pantai yang identik dengan Kampung Nelayannya ini juga bisa dikunjungi sembari berbelanja ikan segar dari nelayan.

3. Pantai Menganti
Pantai Pedalen berlalu, jalan daendels akan memasuki desa Karangduwur kecamatan Ayah. Disini terdapat wisata pantai yang digadang gadang sebagai surga tersembunyi. Pantai Menganti tidak jauh dari jalan daendels. Di Pantai ini pengunjung bisa bermain di pantai dengan pasir putihnya.

4. Pantai Pasir
Pantai ini terletak di desa Pasir kecamatan Ayah. Selepas desa Srati anda kan menemui pertigaan di desa tersebut. Pilih arah ke kiri (Pantai Pasir) disini juga terdapat pantai dengan Kampung Nelayannya.

5. Pantai Karangbolong dan Pantai Suwuk
Lebih ke arah timur, Jalan daendels akan sampai di desa jlandri kecamatan Buayan. pemudik bisa mengambil jalan lurus untuk melanjutkan perjalannan ke Yogya. Di dekat sini terdapat dua pantai yang bersebelahan, yakni Pantai Karangbolong dan Pantai Suwuk. letaknyapun tak jauh dari jalan tersebut.

6. Pantai Petanahan
Setelah Pantai Suwuk jalan JLSS nampak lurus hingga desa Munggu kecamatan petanahan. Di desa ini juga terdapat tempat wisata pantai yakni Pantai Petanahan.

7. Pantai Bocor
Melanjutkan perjalanan ke timur, pemudik akan kembali bertemu petunjuk jalan tempat wisata Pantai Bocor di desa Setrojenar. Dari JLSS anda bisa memilih belok kiri pada perempatan Bocor.

8. Pantai Lembupurwo
Jalur JLSS terus dilanjutkan ke arah timur hingga bertemu Pantai Lembupurwo. Pantai ini adalah titik terakhir JLSS di kebumen. Terletak di perbatasan Purworejo - Kebumen. Pantai Lembupurwo terletak di desa Lembupurwo kecamatn Mirit.

Demikian beberapa referensi tempat wisata Pantai sepanjang jalan alternatif atau Jl. Deandels/JLSS Kebumen bagi para pemudik untuk menghilangkan penat di perjalanan. (LintasKebumen)


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!