Kilas Berita:

1.413 Kendaraan Siap Angkut Pemudik : Pemkab Siapkan Dua Bus Gratis

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Sebanyak 1.413 kendaraan berbagai jenis di Kebumen siap mengangkut pemudik yang datang selama Lebaran. Pemkab Kebumen juga menyediakan dua bus gratis untuk menjemput 90 pemudik.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kebumen Nugroho Tri Waluyo mengungkapkan, khusus untuk bus antarkota antarprovinsi (AKAP) sebanyak 187, bus antarkota dalam provinsi (AKDP) 273, serta bus pariwisata 226, sejak H-14 telah dilakukan pemeriksaan laik jaaln secara terjadwal di Kantor Dishubkominfo.

"Kami perkirakan penumpang Lebaran 2014 ini, ada kenaikan 10 persen dari tahu lalu. Kami juga memprediksi dengan tertibnya pembelian tiket melalui kereta api (KA), kini angkutan jenis bus malam dan mobil pribadi akan meningkat," jelas Nugroho.

Dia menjelaskan, menghadapi lonjakan penumpang selama arus mudik dan arus balik Lebaran. Dishubkominfo akan memberlakukan Operasi Angkutan sejak H-7 dan H+7.

Adapun prediksi puncak mudik sesuai moda angkutan yang digunakan untuk moda jalan dan KA pada Sabtu-Minggu (26-27/7). Adapun puncak arus balik moda KA maupun jalan raya diprediksi terjadi pada Minggu 3 Agustus atau H+5.

Penambahan Rambu

Menurut dia, guna melancarkan angkutan di jalan selama arus mudik dan balik Lebaran, Dishubkominfo Kebumen telah melengkapi fasilitas rambu lalu lintas.

Di tahun 2014 ini ditambah rambu pendahulu petunjuk jalan (RPPJ) sebanyak 106 buah. Adapun rambu lalu lintas ada sebanyak 1.597 buah, serta marka jalan sepanjang 8.341 meter.

Kadishubkominfo juga menyampaikan ada dua alternatif jalan bagi pemudik bila sewaktu-waktu jalan nasional Gombong-Kebumen macet. Yakni dari pertigaan Sangkalputung Gombong ke selatan arah Jalan Karangbolong Pantai Suwuk ke arah jalan Daendels atau Jalan Lintas Selatan-selatan. Alternatif kedua dari pertigaan Guyangan ke selatan jalan Pantai Petanahan tembus Jalan Daendels ke timur melalui Jalan Lintas Selatan-selatan.

Dia menginformasikan pula tahun ini Kementrian Perhubungan juga menyediakan mudik bagi 200 sepeda motor yang akan diangkut empat truk dari Jakarta. Para pemilik sepeda motor itu akan diangkut dengan delapan bus secara gratis pula.

Adapun Pemkab Kebumen tahun ini menyediakan mudik gratis bagi dua bus, sama dengan tahun lalu, serta ada pula dari Bank Jateng. (B3-32)


KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!