Kilas Berita:

"TUGU" Blok Kopen, Pemandangan Alam Yang Indah, Natural Dan Mengandung Sejarah

KARANGSAMBUNG (www.beritakebumen.info) - Potensi Desa Seling Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen yaitu berupa kesenian, kerajinan home industri, dan potensi alam berupa pemandangan yang indah “Tugu”. Untuk keseniannya ada kuda lumping, angguk/ menoreng, janeng, wayang kulit dan campursari. Kerajinan batu akik, batik Sablon atau cap, Sale pisang,kali alam batu putih/ batu lempeng, ada juga lainnya di Rw 2 daerah kopen ada tugu yang merupakan pembatas antara desa Seling dengan desa Pencil dan Kecamatan Alian. Jarak tempuh menuju “Tugu” Dari jalan yang dapat dilewati kendaraan, yaitu harus jalan kaki sejauh kurang lebih 2 km. Akses jalan masih setapak untuk menuju “ Tugu”.

Jalan-jalan ke “tugu” dengan nuansa pemandangan yang sangat indah. Apalagi di waktu pagi hari. Untuk menuju tugu melewati dukuh sambeng yang dapat terlihat pemandangan alam, deretan pegunungan seperti gunung Brujul, gunung Condong akan terlihat indah begitu pun desa Peniron kecamatan Pejagoan juga terlihat. “Tugu” perbatasan wilayah desa Pencil dan juga desa Alian/ Krakal merupakan pembangunan di zaman Belanda konon ini juga merupakan peninggalan zaman Belanda. Ketinggian “tugu” dari permukaan air laur sekitar 400 m dari permukaan air laut. Tugu ini berada di tengah hutan “Kopen”. Zaman landa/ Belanda dulu merupakan perkebunan kopi makanya dinamakan hutan kopen atau “blok Kopen”.

Ketika sampai di jalan setapak menuju “Tugu” harus penuh hati-hati karena masih banyak rumput liar, ada yang berduri dan sejenis alang-alang masih banyak tumbuh disekitar jalan. Sebelum sampai tugu akan melewati sungai kecil “ kalen” yang jernih airnya. Hawa segar terasa. Sangat bagus alam ini menuju “tugu” dijadikan sebagai jejak petualang. Untuk perjalanan ini harus membawa bekal air minum yang cukup karena melewati perbukitan yang menguras tenaga. Diderah sekitar tugu tidak ada pemukiman pendudukan karena berupa hutan. Setelah sampai “Tugu” akan terlihat pemandangan yng indah dan wilayah kebumen kota akan terlihat, begitupun garis pantai dan laut juga terlihat. Tahun 2008, di hutan ini mendapat program pemerintah berupa gerakan nasional rehabilitas hutan dengan menerima bibit pohon berupa albsiah, jati, mahoni, dll. Yang semula hutan ini masih banyak lahan yang kosong atau dikatakan gundul maka pemdes mengajukan usulan kepada pemerintah untuk penanaman pohon.

Harapan masyarakat Seling adanya tugu ini, mengharapkan pemerintah untuk menjadikannya sebagai tempat wisata. Tempat ini juga dapat digunakan untuk kegiatan kemping juga bagus. Harapan kedepan ada pembangunan jalan untuk akses jalan menuju tugu ini agar masyarakat yang ingin menikmati suasana di Tugu tidak kesulitan untuk menuju ke sana.


Ditulis Oleh :Admin Seling | link



=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

No comments

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!