Kilas Berita:

Inilah Makanan Khas Kebumen yang Menjadi HT di Kaskus

KEBUMEN (www.beritakebumen.info) - Salah satu forum on line terbesar di jagad maya Indonesia, Kaskus, dengan jutaan anggotanya (Kaskuser) sudah tak asing lagi bagi para penjelajah dunia maya. Salah satu kebanggaan bagi para jutaan kaskuser, manakala tulisan (thread) mereka terpampang di jajaran Hot Thread (HT) Kaskus.

Pada 23 Juni lalu, thread dari kaskuser asal Kebumen dengan id 'kradakan' berjudul "Makanan khas kebumen yang bikin ketagihan" berhasil menjadi salah satu HT di kaskus. Para netter Kebumen pun turut menyatakan kebanggaannya melalui jejaring sosial, facebook maupun twitter, karena makanan khas daerah asal mereka dapat makin dikenal luas melalui dunia maya.

Penasaran, makanan apa saja yang ditampilkan? Ini dia.

1. Nasi Penggel
Nasi penggel adalah nasi yang didalamnya ada lauk kikil dan sayur gori –nangka muda- yang dimasak dengan santan dan daun ubi. Sekilas mungkin mirip gudeg. Tapi rasanya asin,gurih dan disajikan dengan kuah yang kimplah-kimplah, banyak, sesuai selera agan-agan sekalian. 

Yang unik dari nasi penggel ini adalah bentuk nasinya yang menyerupai nasi kepal. Nasi pada nasi penggel dibentuk bulat-bulat sebesar bola ping-pong. Untuk satu porsi biasanya berisi 7 hingga 8 bulatan. Sayur gori dan kikil menjadi pasangan nasi penggel. Kikil sapi dimasak dengan bumbu kuning dan dipotong besar sebesar kikil di restoran Padang. Tapi jangan khawatir, sebab kikil direbus hingga lunak. Walhasil anda tidak akan repot saat mengkonsumsinya. Biasanya makan nasi penggel akan lebih nikmat dengan tempe mendo.
2. Sate Ambal
Sate Ayam Ambal adalah salah satu jenis kuliner khas Kebumen yang namanya sudah tak asing lagi bagi para penggemar sate. Masyarakat lebih mengenal makanan ini dengan nama Sate Ambal. Sesuai dengan namanya, makanan ini berasal dari sebuah desa di kawasan Kebumen, yakni di Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal. Pada dasarnya, Sate Ayam Ambal ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan sate ayam lainnya yang lebih mengutamakan dan mengandalkan penggunaan bumbu kacangnya. Ciri khas sate ini sendiri terdapat pada cara pengolahan dan bumbu yang digunakannya.

Dalam pengolahannya, daging ayam diolah bersama dengan bumbu, kemudian sate dibakar di atas bara api. Karena daging yang digunakan telah dimasak terlebih dulu, maka daging sate ini akan terasa lebih gurih dan memiliki tekstur yang lembut kendati belum dibakar sekalipun. Saat dibakar, aroma khas dari sate ini sangat terasa menggiurkan untuk segera dicicipi.

Penyajiannya gan, nih sate Ambal yang telah dibakar dihidangkan di dalam piring yang bumbunya disajikan secara terpisah. Selain itu, sambel yang pake di sate ini pun berbeda sari jenis sate lainnya. Khusus buat Sate Ayam Ambal ini digunakan sambal tempe kedelai. Hampir sama dengan sejumlah jenis sate lainnya, sate ambal ini juga disajikan bersama dengan potongan ketupat yang disesuaikan dengan selera pelanggan. Buat Harganya gan, kalo dulu sih masih 8rebu, tapi mungkin sekarang udah naik jadi 10.000. Tapi buat harga segitu gan, ane jamin agan bakalan nambah deh, soalnya, enaaaaaak bangeeeeet....
3. Soto Tamanwinangun
Jadi, di Kebumen itu sebenrnya banyak makanan khas yang dapat ditemukan. Selain Nasi penggel & sate ambal, ada juga soto petanahan.Satu lagi yang mau ane share adalah makanan khas berupa Soto Tamanwinangun. Sesuai namanya, soto tamanwinangun mayoritas penjualnya berasal atau berdomisili di kelurahan Tamanwinangun, Kebumen, maka pada akhirnya di kenal dengan soto tamanwinangun.

Soto tamanwinangun ini asli ane belum pernah nemuin di daerah lainnya gan, maklum pengetahuan kuliner ane masih terbatas. Jadi gan sotonya bukan kuah bening, tapi pake kuah santan. maknyus deh. bayangin aja kuah santan campur kaldu entok , trus ada bihun putih sama gethuk singkong gan & yang paling maknyus itu dagingnya. Pake daging entok goreng... tau entok kan gan? itu loh yang nama lainnya itik manila

kayak gini gan...

Bagaimana? apakah anda sudah mencobanya?

Kunjungi tread aslinya di kaskus, klik di sini!



KIRIMKAN INFORMASI / TULISAN / OPINI / UNEK-UNEK ANDA KE:
beritakebumen@gmail.com

=============================================================
Untuk mendapatkan informasi terbaru, dan yang tidak terposting silahkan ikuti di:
| FACEBOOK GRUP | FACEBOOK PROFIL | FACEBOOK FAN PAGE | TWITTER |
=============================================================

1 comment:

  1. Kye sing kpengen njajal mendoane http://mendoankebumen.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Bermanfaat!